Bacaan Sholat Tahajud dan Witir


Sholat tahajud merupakan sholat sunat yang dianjurkan pelaksanaannya. Dilakukan pada waktu malam hari setelah Anda tidur walaupun tidurnya 5 menit saja, asalkan Anda telah melaksanakan sholat fardu Isya. Jadi tidur adalah syarat mutlak melakukan sholat tahajjud sesuai nama sholat tersebut, tahajjud yang artinya bangkit atau bangun.

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara bacaan sholat tahajjud dengan sholat fardu biasa. Begitu juga gerakannya pun sama. Yang berbeda hanyalah niatnya saja. Begini prakteknya.

Niat sholat tahajud dulu, yaitu :

"USHOLLII SUNNATAT TAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA."
"Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, karena Allah Ta’ala."

Selanjutnya, seperti biasa membaca surat Al Fatihah, Saya yakin sudah pada hafal semua. Kemudian surat pendek yang telah kita hafal, yang panjang pun boleh-boleh saja. Yang biasa dibaca umumnya surat Al Kafirun dan Al Ikhlash.

Lalu seperti biasa melaksanakan gerakan sholat yang pada umumnya dilaksanakan.

Jika beres salam, selanjutnya membaca doa setelah tahajjud :

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ. وَلَكَ الْحَمْدُ. أَنْتَ قَيَّامُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ. وَلَكَ الْحَمْدُ. أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ. وَمَنْ فِيْهِنَّ. أَنْتَ الْحَقُّ. وَوَعْدُكَ الْحَقُّ. وَقَوْلُكَ الْحَقُّ. وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ. وَالْجَنَّةُ حَقٌّ. وَالنَّارُ حَقٌّ. وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ. وَبِكَ آمَنْتُ. وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ. وَإِلَيْكَ أٰنَبْتُ. وَبِكَ خَاصَمْتُ. وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِي. مَا قَدَّمْتُ وَأَخَّرْتُ. وَأَسْرَرْتُ وَأَعْلَنْتُ. أَنْتَ اِلٰهِي لاَ اِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

"ALLAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI. WALAKAL HAMDU ANTA QOYYAAMUS SAMAAWAATI WAL ARDHI. WALAKAL HAMDU ANTA ROBBUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. ANTAL HAQQU WA LIQOO UKAL HAQQU. WALJANNATU HAQQUN WANNAARU HAQQUN WASSAA ‘ATU HAQQUN. ALLAHUMMA LAKA ASLAMTU. WABIKA AAMANTU. WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU. WA ILAIKA AANABTU. WABIKA KHOOSHOMTU. WA ILAIKA HAAKAMTU. FAGHFIRLIIY MAA QODDAMTU WA AKHKHORTU. WA ASRORTU WA A’ LANTU. ANTA ILAAHIIY. LAA ILAAHA ILLAA ANTA."

"Ya Allah, segala puji bagi-Mu. Engkau adalah cahaya langit dan bumi. Segala puji bagi-Mu, Engkau adalah pemelihara langit dan bumi. Segala puji bagi-Mu, Engkau adalah Tuhan langit dan bumi serta semua yang ada padanya. Engkau adalah yang hak, janji-Mu adalah hak, firman-Mu adalah hak, perjumpaan dengan-Mu adalah hak, surga adalah hak, neraka adalah hak, hari kiamat adalah hak. Ya Allah, kepada-Mu aku berserah diri. Kepada-Mu aku beriman. Kepada-Mu aku bertawakal. Ke pangkuan-Mu aku pulang. Kepada-Mu aku mengadu. Dengan (nama) Mu aku memutuskan. Maka ampunilah aku, ampunilah dosa-dosaku, baik yang telah lewat maupun yang akan datang, yang aku lakukan secara diam-diam maupun yang terang-terangan. Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau."

Sunatnya, setelah Anda melakukan sholat tahajjud, dilanjutkan dengan sholat sunat witir sebab witir itu adalah sholat yang menjadi penutup segala sholat di hari itu. Anda boleh melakukanya dalam jumlah ganjil, maksimal 11 rakaat dan yang paling afdhol melakukannya adalah di akhir malam.

Adapaun untuk masalah bacaan, tidak ada perbedaan yang signifikan, hanya berbeda dalam niatnya saja plus surat pendek yang dibaca dan tentunya doa setelah sholat witir,

Adapun niat witirnya yang 2 rakaat adalah :

USHOLLI RAK'ATAINI MINAL WITRI LILLAAHI TA'AALAA

dan untuk yang satu rakaatnya adalah :

USHALLII RAKA'ATAM MINAL WITRI LILLAAHI TA'AALAA

Surat yang dibaca, pada 2 rakaat pertama yakni di rakaat ke 1 Surat Al A'laa dan ke 2 Surat Al Kafirun. Pada 2 rakaat selanjutnya, rakaat ke 1 Surat Al Kafirun, rakaat ke 2 Al Ikhlas atau apa saja yang Anda hafal. Dan pada satu rakaat terakhir, Surat Al Ikhlas, AL Falaq dan An Naas.



============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : sholat tahajud
Back To Top