Jam2 Sholat 5 Waktu


Berbicara tentang batas jam2 sholat 5 waktu wajib, maka mau tidak mau kita harus mengetahui posisi pergerakan matahari. Mengapa ? Karena waktu sholat wajib 5 waktu bisa diketahui berdasarkan posisi bayangan benda. Dahulu belum ada jam tangan atau jam dinding apalagi jam digital, makanya digunakanlah kaidah secara umum yang bisa berlaku untuk seluruh umat muslim dunia yakni posisi matahari atau bayangan benda.

Begitu juga nanti untuk akhir zaman, yang berdasarkan nubuwwah Nabi Muhammad, akan datang suatu zaman dimana manusia kembali ke zaman dahulu, tidak ada hanphone, tak ada listrik, tak ada mobil termasuk tak ada jam. Artinya bukan barangnya tidak ada, semuanya ada cuman semua barang tak akan berfungsi dengan baik.

Sebagai umat muslim yang iman kepada Nabi, Saya percaya dengan sabda Nabi tersebut, karena berdasarkan prediksi para ilmuwan, akan datang nanti beberapa tahun lagi, sebuah benda angkasa yang akan menabrak bumi yang saking dahsyatnya, benda tersebut diprediksi sebuah benda yang punya radiasi elektromagnet yang tinggi sehingga akan mengganggu kinerja semua alat yang dianggap berteknologi tinggi termasuk komputer, mesin-mesin dan lain sebagainya sehingga nanti manusia akan kembali ke zaman dahulu dalam hal penggunaan alat.

Jam waktu Zhuhur
Awalnya waktu zhuhur adalah ketika matahari mulai tergelincir ke sebelah barat, sesaat setelah matahari ada di posisi puncak, atau tidak ada bayangan benda. Akhirnya waktu zhuhur adalah sampai sekiranya bayangan benda sama dengan ukuran benda itu sendiri. Kalau pakai jam konvensional di Indonesia bagian Barat, kira-kira dari jam 12 siang sampai jam 3-an.

Jam waktu Ashar
Awal waktu ashar adalah ketika ukuran bayangan benda sedikit lebih panjang dari ukuran benda aslinya. Sedangkan akhir waktu ashar adalah ketika matahari terbenam.

Jam waktu maghrib
Awal waktu maghrib adalah ketika matahari terbenam sempurna sampai terbenamnya mega merah, jadi sangat singkat sekali, kira-kira dari jam 6 sampai jam 7 atau setengah 8.

Jam waktu Isya
Awal waktu isya adalah ketika terbenamnya mega merah sedangkan akhirnya waktu Isya adalah muncul fajar shodiq, kira-kira dari jam setengah 8 sampai jam 4 atau setengah 5.

Jam waktu Shubuh
Adapun awalnya waktu subuh adalah setelah kemunculan fajar shodiq dan akhirnya waktu subuh adalah ketika matahari terbit, sekitar jam setengah 5 sampai jam 6 pagi.

Itulah informasi seputar batas waktu2 atau jam sholat wajib 5 waktu berdasarkan matahari. Postingan selanjutnya adalah tentang :
- jadwal sholat 5 waktu menurut jam
- batas waktu sholat ashar 



============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : sholat fardhu, waktu sholat
Back To Top