Sholat Tahajud Jam Berapa ?


Ayo kita sholat tahajud agar hidup kita lebih damai dan bahagia. Allah SWT menjanjikan kemudahan bagi mereka yang bisa melakukan sholat Tahajjud. Salah satunya, Tuhan akan memberikan jalan terang dunia dan akhirat. Kapankah waktu shalat tahajud sebenarnya? Sholat tahajud itu jam berapa baiknya ?

Sholat tahajud adalah salat sunnah yang dilakukan pada malam hari. Sholat di malam hari ini hanya bisa disebut shalat tahajud pada kondisi saat selesai setelah tidur malam, meski hanya tidur sebentar. Jadi, jika dilakukan tanpa tidur sebelumnya, maka ini bukan shalat tahajud, tapi sholat sunnah seperti witir dan lain sebagainya.

Sholat malam atau tahajud ini adalah kebiasaan orang saleh yang hatinya selalu berdampingan dengan Allah SWT. Sholat ini memang bisa diimplementasikan oleh orang-orang terpilih karena pelaksanaannya sering diiringi dengan banyak tantangan.

Namun, untuk Rasulullah, sholat  tahajud yang harus diimplementasikan pada malam hari bukanlah halangan apalagi alasan untuk tidak menerapkannya. Maka ada penjelasan yang menjelaskan bahwa sholat tahajud adalah sholat wajib kepada Rasulullah sebelum diturunkannya shalat wajib lima waktu.

Karena pentingnya sholat ini, maka Rasulullah selalu menganggap shalat tahajud sebagai sholat yang sangat strategis untuk diimplementasikan tanpa meninggalkannya satu malam pun. Sedangkan bagi umat Islam secara keseluruhan, shalat yang dilakukan pada malam hari ini sangat dianjurkan untuk mengimplementasikannya.

Waktu mengeksekusi sholat sunnah tahajjud:
- satu pertiga pertama: 19.00 - 22.00
- sepertiga kedua : 22.00 - 01.00
- sepertiga ketiga: 01.00 sampai fajar, inilah saat yang paling penting.

Penjelasan lengkapnya sebagai berikut :

Sepertiga Malam Pertama
Sholat tahajud bisa dilakukan pada sepertiga malam pertama. Hal itu terjadi dalam rentang setelah sholat Isya sampai pukul 22.00. Namun, untuk melakukannya harus dimulai dengan tidur dulu sejenak. Tidak ada batas jumlah rakaat untuk melakukan shalat tahajud. Namun, untuk mendapatkan hak istimewa yang terkandung di dalamnya, harus diiringi oleh keistiqomaahan.

Sepertiga Malam Kedua
Sepertiga malam kedua menjadi waktu utama untuk menjalankan sholat Tahajud. Waktu sepertiga malam ke dua adalah dari pukul 10:00 sampai 01:00. Waktu sholat tahajud ini sulit diaplikasikan. Sebab, kebanyakan orang tidak bisa bangun pada saat-saat seperti ini. Dikatakan bahwa saat ini diyakini memiliki fadhilah yang hebat dan kebesaran yang bisa didapat.

Sepertiga Malam Terakhir
Menjalankan sholat sunnah di sepertiga terakhir malam adalah saat yang paling penting. Jika diregangkan, sepertiga malam terakhir adalah di antara jam 1 pagi dan sebelum fajar.

Rasulullah saw. bersabda, bahwa perintah Allah turun dari langit pada saat terakhir malam, dan berseru: Akankah orang-orang yang meminta (berdoa), akan Kuberikan kepada mereka, dan yang berharap atau meminta maaf, Aku pasti akan memaafkannya sampai subuh. Silahkan dilihat haditsnya dalam Kitab Al Bukhori nomor 1145 dan Muslim nomor 758.

Sholat tahajud sangat dianjurkan, rujukannya adalah firman Allah QS.Al Isra: 79:
 "Kamu harus menghabiskan sebagian malam itu untuk shalat tahajud, sebagai sholat sunnah untukmu, semoga Tuhan akan membangkitkanmu dengan kedudukan yang baik." 

Jadi, bagi anda yang ingin melakukan sholat malam, waktu terbaik adalah dari jam 2 pagi sampai sebelum fajar, yang merupakan sepertiga terakhir malam.

Selain itu, Anda juga akan memiliki lebih banyak waktu untuk tidur sebelum melakukan sholat sunnah ini, dan Anda juga bisa langsung sholat subuh karena tidak lama setelah Anda melakukan ibadah shalat malam, akan tibanya waktu sholat wajib. Rasulullah sendiri, beliau memiliki sedikit waktu untuk tidur karena waktu di malam hari dihabiskan untuk sholat sunnah tahajud.

Jadi, jelas bahwa saat utamashalat tahajud didasarkan pada teladan dan deskripsi dari Rasulullah saw adalah saat sepertiga malam terakhir. Jadi meski saat ini merupakan waktu yang paling sulit, tidak ada pilihan lain kecuali kita belajar mengikuti contoh dan penjelasan dari utusan Allah ini. Mungkin bagi mereka yang tidak terbiasa sangat berat, tapi kalau sudah terbiasa hal ini akan menjadi ringan.

Sumber :
https://ruqyahislam.wordpress.com/2012/12/19/kapan-waktu-terbaik-shalat-tahajud/
https://www.dream.co.id/orbit/3-waktu-terbaik-untuk-sholat-tahajud-170310a.html
http://tuntunansholat.info/waktu-sholat-tahajud/
http://www.ilmusiana.com/2015/09/waktu-terbaik-untuk-sholat-tahajud.html



============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : sholat tahajud
Back To Top