Waktu Sholat Tahajud yang Benar


Sebelum kita membahas lebih detail tentang kapan batas waktu sholat tahajud yang benar dan terbaik sesuai dengan sunnah dan syari'at Islam, maka sebaiknya kita terlebih dahulu memahami apa itu sholat tahajud. Sholat tahajud adalah salah satu sholat sunnah malam yang telah direkomendasikan dan diperintahkan oleh Allah SWT untuk setiap muslim. Dalam hal ini kita dapat melihat dalilnya dalam Al Qur'an Surat Al Isra, ayat 79 yang artinya :

"Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji."

Hukum shalat tahajud untuk Rasulullah SAW adalah wajib, tetapi tidak untuk umat Beliau. Sholat sunnat yang satu ini memiliki banyak kebajikan yang akan diperoleh bagi siapa saja yang mengerjakannya, dengan cara atau prosedur yang benar, termasuk benar dalam hal niatnya, doa yang dibaca dan waktu sholat.

Adapun waktu sholat tahajud ini dilakukan pada malam hari, dan dilakukan setelah kita tidur terlebih dahulu meskipun tidur hanya sebentar saja. Sehingga bagi Anda yang ingin melakukan sholat tahajud, maka hal itu bisa dilakukan setelah sholat Isya sampai sebelum memasuki waktu sholat subuh di malam hari, dan dalam keadaan sudah tidur, walaupun hanya tidur sebentar.

Nah, dalam kesempatan ini Penulis akan memberikan penjelasan tentang waktu sholat tahajud yang benar, karena ada sebagian masyarakat muslim yang belum tahu masalah ini sehingga Penulis sangat berharap bahwa ulasan ini bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Waktu Sholat Tahajud

Batas waktu shalat tahajud adalah hal yang perlu diperhatikan oleh banyak orang yang berniat melakukan shalat sunnah ini, karena sholat ini dilakukan ketika semua orang sedang beristirahat. Sepertiga dari malam terakhir adalah waktu terbaik seperti yang telah ditunjukkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Untuk pembahasan lengkapnya, berikut ini adalah beberapa batasan waktu untuk sholat malam tersebut.

Di sepertiga malam yang pertama
Sholat tahajud dapat dilakukan pada saat sepertiga malam pertama, dan batas waktu sholat tengah malam di sepertiga pertama malam adalah pada pukul 10:00 malam, karena sepertiga malam pertama terjadi setelah shalat Isya hingga jam 10:00 malam Tetapi tetap harus dipertimbangkan tentang persyaratan untuk melakukan sholat malam ini, yakni harus dibangunkan dari tidur terlebih dahulu, walaupun hanya tidur sebentar.

Di sepertiga malam yang ke dua
Batas waktu pada sholat tahajud pada sepertiga ke dua adalah di tengah malam yakni antara jam 10:00 malam dan jam 01.00 malam. Anda perlu tahu bahwa sholat malam di sepertiga malam ke dua ini diyakini memiliki fadhilah dan keistimewaan bagi mereka yang berhasil melakukan sholat tengah malam di saat ini.

Di sepertiga malam yang ke tiga
Pada sepertiga malam terakhir adalah waktu yang paling penting untuk sholat malam. Jangka waktu untuk sepertiga malam yang terakhir, dimulai pada pukul 01.00 hingga sebelum memasuki fajar, sehingga batas waktu untuk melakukan sholat tengah malam adalah sebelum memasuki waktu sholat wajib sekitar jam 4:00 pagi.

Sepertiga malam terakhir ini akan menjadi waktu yang paling penting untuk melakukan ibadah sunnah lainnya. Dengan memilih waktu yang paling penting, harapannya adalah bahwa fadhilah yang terkandung dalam sepertiga terakhir malam dapat dicapai dan apa yang Anda inginkan dapat diberikan oleh Allah SWT.

Dalam sebuah hadits Nabi yang telah dirawi oleh dua imam besar yakni Imam Bukhari dan Imam Muslim, bahwa Rasulullah Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terkahir. Ia pun berkata, “Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti aku berikan apa yang dia minta? Adakah hamba-Ku yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang beristihgfar sehingga Aku ampuni dosanya ?"

Anas bin Malik yang menjadi pelayan Nabi sallallahu 'aalaihi wasalam berkata :

“ Setiap kami bangun agar ingin melihat Rasulullah sallallahu ‘aalaihi wasalam sholat malam, pasti kami bisa melihat beliau sholat”
(HR Bukhori dan An -Nasai) 

Kita bisa melakukan sholat malam seperti yang Nabi lakukan. Kadang-kadang Beliau melakukannya pada awal malam, di tengah malam, dan kadang-kadang di penghujung malam. Dan waktu utama untuk sholat malam adalah pada akhir malam, karena ini adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.

Bahkan orang-orang terdahulu, selalu membiasakan minta ampunan kepada Allah menjelang waktu fajar. Hal ini sesuai dengan ayat Al Quran Surat Ad Dzariyat 17-18 yang artinya :

"Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar."

Ibadah di malam hari adalah ibadah yang tepat untuk membangun kekuatan mental manusia. Allah berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Muzzammil ayat 6 yang artinya :

"Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu') dan bacaan di waktu itu lebih berkesan."

Menurut Tafsir Jalalain, yang dimaksud bangun di waktu malam adalah melakukan salat sunah di malam hari sesudah tidur. Waktu malam merupakan waktu yang sangat tepat untuk memperoleh kekhusyuan, khususnya dalam memahami bacaan Al Quran dan bacaan di waktu itu lebih berkesan, lebih jelas dan lebih mantap serta lebih berkesan.

Jika setelah melakukan sholat tahajud masih ada waktu yang tersisa, maka dianjurkan untuk tidur sebentar sebelum fajar, agar tidak mengantuk saat sholat subuh nanti. Aisyah radiallahu 'anha ditanya tentang sholat malam yang dilakukan oleh Nabi Shallallahu' alaihi wasalam. Aisya berkata :

 “Nabi sallallahu ‘alaihi wasalam biasa tidur di awal malam, lalu beliau bangun di akhir malam kemudian beliau melaksanakan sholat, lalu beliau kembali ke tempat tidurnya. Jika terdengar suara muadzin, barulah beliau bangun kembali. Jika beliau sempat melakukan hubungan, beliau mandi, dan jika tidak, beliau berwudhu lalu segera keluar ke masjid” 
(HR. Bukhori)

Itulah sedikit informasi mengenai batas waktu sholat tahajud yang bisa Kami sampaikan. Mudah-mudahan apa yang telah dijelaskan melalui artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Kesimpulannya adalah bahwa sholat tahajud dapat dilakukan kapan saja di malam hari, asalkan dari masa sholat Isya sampai sebelum memasuki waktu sholat Subuh dan pada kondisi harus tidur terlebih dahulu, walaupun tidur dalam waktu yang singkat.

Sumber :
http://www.mistamajahp.com/batas-waktu-sholat-tahajud/#z
https://www.alkhoirot.net/2011/12/shalat-tahajud.html
https://laznahwanur.org/panduan-sholat-tahajud/
http://khalifahcenter.com/q73.6



============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : sholat tahajud, waktu sholat
Back To Top