Doa Niat Sholat Ashar


Sholat fardu ashar ini berjumlah 4 rakaat dan waktu pelaksanaanya adalah pada saat ketika panjang bayangan benda melebihi panjang benda itu sendiri. Khusus untuk madzab Imam Hanafi, waktu ahsar dimulai jika panjang bayangan benda dua kali melebihi panjang benda itu sendiri. Waktu ashar berakhir dengan terbenamnya matahari.

Menjelang melakukan shalat ashar, maka kita harus membaca doa niat sholat ashar terlebih dahulu, karena jika melakukan sholat tanpa niat, maka sholatnya tidak sah. Sebelum masuk pada amalan sholat, maka kita harus berdiri tegak sempurna dan pandangan diarahkan ke tempat sujud. Lalu bersiap niat untuk sholat.

Niat dapat dilakukan dalam hati atau diucapkan dengan lisan, baik dengan bahasa Indonesia atau dengan menggunakan bahasa Arab. Namun alangkah baiknya jika kita membaca niat sholat wajib yang kita akan laksanakan adalah dengan membaca niat dengan bahasa arab, namun diikuti maknanya dengan bahasa Indonesia di dalam hati.

Niat Sholat Ashar Sendiri

Bacaan niat sholat ashar dapat Anda lihat seperti dibawah ini :

اُصَلّى فَرْضَ الْعَصْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 

USHALLII FARDHAL 'ASHRI ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AM MA-MUUMAL LILLAAHI TA'AALA.

"Aku sengaja sholat fardlu ashar empat raka'at menghadap qiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala". 

Bacaan doa niat di atas tersebut hanya dikhususkan untuk mereka yang akan melaksanakan sholat ashar berjamaah menjadi makmum. Dan apabila Anda melaksanakan sholatnya sendirian, maka lafadz bacaannya berbeda yakni tanpa lafadz ma-muuman, yang juga berlaku untuk niat sholat wajib sendiri selain ashar seperti niat sholat subuh sendiri.

Namun tidak berlaku bagi sholat Jumat, nggak ada bacaan niat sholat jumat sendiri karena sholat Jum'at tidak bisa munfarid. Untuk mereka yang sholatnya menjadi imam, maka lafadz "ma-muuman" diganti dengan "imaaman".

Oh ya, bacaan di atas khususnya dibaca bagi sahabat yang biasa melafalkannya. Adapun bagi yang mereka tidak biasa membacanya dengan alasan tidak ada dalil berupa haditsnya, maka tentu tidak usah membacanya, namun tetap kedua belah pihak harus saling menghargai pendapat masing-masing karena masing-masing punya alasan yang tentunya harus dipertanggungjawabkan nanti di akhirat kelak.

Demikianlah informasi mengenai bacaan doa niat sholat ashar dalam Arab, latin dan terjemahannya. Jangan lupa sebelum melakukan sholat ashar, awali dengan melakukan sholat sunat qabla ashar, tentu saja dengan membaca bacaan niat sholat sunnah qabla ashar pada niatnya. Semoga Anda dapat menerimanya dan bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi Anda yang sedang mencari informasi seputar bacaan niat sholat sendiri khususnya untuk sholat ashar.

Nantikan pula artikel lainnya tentang :
- bacaan niat sholat tahajud
- bacaan sholat 5 waktu
- niat sholat wajib sendiri
- niat sholat subuh sendiri
- niat sholat sendiri di rumah
- bacaan niat sholat jumat
- niat sholat dzuhur
- bacaan niat sholat subuh

Referensi :
http://www.doamuslim.com/doa-niat-sholat-asar/
http://www.blogkhususdoa.com/2015/02/bacaan-niat-sholat-fardhu-5-waktu-lengkap-bahasa-arab-latin-dan-terjemahannya.html



============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : niat shalat, sholat ashar
Back To Top