Bacaan Niat Sholat Dhuhur


Sholat adalah tiang agama. Jika Anda mengaku seorang muslim, maka wajib hukumnya bagi Anda untuk menunaikan sholat 5 waktu setiap harinya. Sholat adalah bentuk ibadah yang sangat agung, sehingga meski Anda melakukan puasa, zakat, dan haji tapi tidak melakukan sholat, maka ibadah-ibadah lain yang Anda lakukan itu tidak akan ada artinya.

Dalam agama Islam, shalat memiliki kedudukan yang sangat tinggi. Maka, sungguh berdosa dan sangat merugi bagi mereka yang meninggalkan kewajiban shalat, dan kafirlah orang yang menentang kewajiban shalat. Sholat adalah tiang agama, barang siapa yang mendirikan sholat maka dia telah mendirikan agamanya dan siapa yang tidak melakukan shalat maka sama saja dengan meruntuhkan agamanya.

Sebelum kita melaksanakan ibadah solat wajib lima waktu, kita wajib mensucikan diri kita dari najis dan hadats dengan mengambil air wudlu. Kemudian sebelum takbir kita membaca niat sholat sesuai dengan sholat mana yang akan kita kerjakan. Ketika niat posisi badan tegak dan pandangan mata menuju tempat sujud menghadap ke kiblat ka'bah.

Saya yakim bahwa Anda sangat menyadari bahwa sholat merupakan hal wajib yang mesti dilakukan sebagai bentuk pengabdian dan ketakwaan kita pada Sang Pencipta, berikut ini kami telah paparkan niat-niat sholat khususnya niat sholat dhuhur beserta lafal latin dan artinya sebagai panduan bagi Anda.

Kita tahu bahwa sholat dhuhur adalah salah satu sholat wajib yang dikerjakan pada saat antara tengah hari hingga saat posisi matahari telah membuat bayang-bayang suatu benda memiliki panjang yang sama dengan panjang benda aslinya, yakni sekitar antara pukul 12.00 sampai pukul 15.00 siang.

Sholat dhuhur dilakukan dalam 4 rokaat dengan keutamaan untuk memelankan bacaan Surat Al-Fatihah dan Surat pendek. Untuk niat sholat dhuhur, berikut adalah pelafalan yang benar beserta artinya dalam bahasa Indonesia.

اُصَلّى فَرْضَ الظُّهْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHALLII FARDHADL DHUHRI ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AM MA-MUUMAL LILLAAHI TA'AALA.

Aku berniat shalat fardu Dhuhur empat rakaat menghadap kiblat sebagai mamum karena Allah Taala

Bacaan niat sholat dhuhur tersebut dikhususkan untuk mereka yang melakukan sholat secara berjamaah sebagai makmum. Dan apabila Anda melaksanakan sholatnya sendirian, maka lafadz bacaan niat sholat sendiri akan berbeda, yaitu membuang lafadz ma-muuman. Hal ini berlaku untuk jenis niat sholat wajib sendiri, jadi bukan dhuhur saja. Begitu juga ketika menjadi imam shalat, maka lafadz ma-muuman diganti dengan imaaman.

Itulah doa niat sholat dhuhur untuk sendiri, makmum dan imam lengkap dengan huruf Arab, latin dan artinya. Jangan lupa untuk melaksanakan sholat qabla atau ba'da sebelum dhuhur sambil memperhatikan juga bacaan niat sholat sunnah dhuhur.

Baca juga artikel lainnya tentang :
- bacaan niat sholat jumat
- bacaan niat sholat tahajud
- bacaan sholat 5 waktu
- bacaan niat wudhu
- niat sholat subuh sendiri

Referensi :
http://www.organisasi.org/1970/01/bacaan-niat-sholat-shalat-wajib-lima-waktu-shubuh-dhuhur-ashar-maghrib-isya.html
http://doa-sholat.blogspot.com/2015/08/niat-sholat-subuh-dzuhur-ashar-maghrib-isya.html
http://www.blogkhususdoa.com/2015/02/bacaan-niat-sholat-fardhu-5-waktu-lengkap-bahasa-arab-latin-dan-terjemahannya.html



============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : sholat dhuhur
Back To Top