Sholat Ashar Berapa Rakaat ?


Mungkin saja ada sebagian pembaca yang baru masuk Islam dan sedang belajar ibadah lalu bertanya sholat ashar berapa rakaat atau berapa rakaat sholat ashar ? Kita tahu bahwa shalat adalah tiang agama dan merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang baligh dan berakal, kecuali bagi wanita yang sedang haid dan nifas.

Adapun kewajiban menunaikan ibadah shalat yaitu berdasarkan Al-Qur’an, sunnah dan ijma’. Dalam Islam, shalat memiliki kedudukan yang sangat agung. Maka, sungguh berdosa dan sangat merugi bagi mereka yang meninggalkan kewajiban shalat, dan kafirlah orang yang menentang kewajiban shalat.

Selain menjadi tiang agama, shalat juga merupakan satu amalan manusia yang paling pertama dihisab di hari kiamat serta menjadi standar baik dan buruknya amalan yang lain. Jika shalatnya baik, maka baiklah seluruh amalnya, sedangkan jika shalatnya buruk, maka buruklah seluruh amalnya.

Dalam sehari semalam, ada 5 waktu shalat yang diwajibkan bagi kaum muslim salah satunya adalah sholat ashar. Jumlah rakaat sholat ashar sama seperti sholat dzuhur dan isya yakni 4 rakaat, dengan memelankan bacaannya dan dengan duduk tasyahud sebanyak dua kali duduk tasyahhud.

Kenapa sholat ashar jumlahnya 4 rakaat ? Karena begitulah perintah Allah yang di jalankan melalui Nabi Muhammad SAW kepada umat Islam. Jumlah rakaat tidak boleh ditambah maupun dikurangi karena melanggar syariat. Jadi shalatlah sesuai perintah Allah dan ajaran Rasul.

Sejarah persisnya bagaimana jumlah raakat sholat bisa menjadi 17 rakaat sehari semalam, berdasarkan 'negosiasi' antara Nabi Muhammad SAW dengan Allah SWT mengenai jumlah rakaat shalat wajib tersebut. Nabi Muhammad terus bernego untuk meminta keringanan jumlah rakaat atas saran Nabi Musa dengan alasan kaumnya tidak akan kuat kalau diberi kewajiban shalat sejumlah 50 rakaat.

Lalu kalau diperhatikan lagi, waktu sholat yang relatif terasa berat adalah waktu Subuh karena kita masih sangat mengantuk ataupun waktu sholat yang relatif singkat yaitu Maghrib. Maka rakaatnya 'di-setting' lebih sedikit jika dibandingkan dengan waktu-waktu sholat wajib yang lain yang berada pada jam-jam yang relatif tidak berat.

Itulah jumlah rakaat sholat ashar yang sering ditanyakan para muallaf dan adik-adik yang sedang belajar sholat. Adapun untuk artikel tentang niat sholat ashar dan waktu sholat ashar, secara lengkap akan Saya share pada artikel berikutnya.


Referensi:
http://juanramadhan.com/jumlah-shalat-wajib-dan-rakaatnya-serta-niat-shalat-wajib-5-waktu.html
https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20091124071001AAT9K5k
http://pakguru-agama-islam.blogspot.co.id/2012/12/rakaat-shalat-5-waktu.html



============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : sholat ashar
Back To Top