Waktu Tepat untuk Sholat Dhuha


Shalat dhuha memiliki banyak keutamaan. Siapa pun yang sholat dhuha dua rakaat maka pahalanya sama dengan 360 sedekah. Siapa pun yang sholat dhuha empat rakaat, dia akan diberi rezeki sampai sore hari.

Tata cara sholat Dhuha telah dijelaskan sebelumnya. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk sholat dhuha ?

Batas Waktu Sholat Dhuha
Ada sahabat yang bertanya, waktu sholat dhuha itu mulai jam berapa? Waktu sholat dhuha terbentang dari matahari mulai naik sampai menjelang zhuhur. Artinya, di Indonesia, waktu sholat dhuha membentang selama beberapa jam, yaitu saat matahari mulai naik setinggi tombak (sekitar 2 meter), kira-kira 15-20 menit setelah matahari terbit sampai 15 menit sebelum memasuki saat zhuhur.

Hadits 'dari Amr bin' Abasah ini bisa dijadikan dalil tentang kapan waktu sholat Dhuha dimulai, Nabi bersabda :

 "Lakukan salat shubuh lalu tinggalkan sholat apapun dari matahari terbit sampai matahari meninggi. Ketika matahari terbit itu, dia terbit di antara dua tanduk iblis, yakni saat orang-orang kuffar bersujud."
(HR. Muslim no. 832)

Waktu Terbaik Shalat Dhuha
Adapun waktu dhuha paling utama, setidaknya ada dua hadits atau dalil  yang menjelaskannya:

Zaid bin Arqam melihat orang-orang yang melaksanakan sholat dhuha. Dia juga berkata, “Apakah mereka tidak mengetahui bahwa shalat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Shalat orang-orang awwabin (orang yang taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan’”
(HR. Muslim)

Zaid bin Arqam melihat orang-orang melakukan shalat dhuha di Masjid Quba. Ia kemudian berkata , “Apakah mereka tidak tahu bahwa shalat di saat selain itu lebih penting. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata, "Sholat orang awwabin adalah ketika anak unta mulai terlalu kepanasan’” 
(HR. Ahmad dan Baihaqi)

Di Fikih Manhaji Imam Syafi'i menjelaskan bahwa waktu terbaik ditandai dengan padang pasir terasa panas dan anak unta mulai bergerak karena panasnya.

Syaikh Mustafa Al Bugha dan empat ulama lainnya di Nuzhatul Muttaqin menjelaskan bahwa saat shalat dhuha dimulai dari matahari terbit sampai matahari mendekati posisi tengah. Namun yang paling utama ialah ketika sang surya sudah terbit meninggi dan sudah terasa panas. Jam berapa jadinya? Berdasarkan keterangan itu, maka waktu terbaik sholat Dhuha adalah sekitar jam 9.

Waktu Haram Sholat Dhuha
Mengapa kita disarankan untuk menunggu sampai sekitar 15 menit setelah matahari terbit? Hal ini karena agar tidak bertepatan dengan waktu yang dilarang untuk melakukan sholat. Seperti dalam Hadis Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam:

Dari Uqbah ibn Amir radhiallahu 'anhu, dia berkata, "Ada tiga saat tatkala Nabi shallallahu' alaihi wa sallam melarang kita melakukan sholat di tiga waktu itu untuk mengubur tubuh mayat yakni saat matahari terbit hingga mulai meninggi ke atas, ketika seseorang berdiri di tengah bayangannya sampai matahari tergelinc, dan saat matahari mulai tenggelam sampai benar-benar tenggelam."
(HR. Muslim no. 1926)

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebaiknya kita harus nunggu  kurang lebih seperempat jam setelah matahari terbit, hingga sang surya meninggi seukuran satu tombak (kira-kira 2 meter) untuk kemudian melaksanakan sholat Dhuha. Agar lebih aman, sebaiknya Anda melakukan Sholat Dhuha setelah 20 menit dari waktu terbitnya matahari.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa waktu-waktu haram yang mengapit shalat Dhuha adalah:
  • sesudah Shalat Subuh hingga matahari bersinar
  • hampir masuk waktu Zuhur hingga tergelincir matahari


Nantikan pula artikel tentang berapa rakaat sholat dhuha.

Sumber :
http://bersamadakwah.net/pukul-berapa-waktu-terbaik-shalat-dhuha/
http://banghen.com/waktu-sholat-dhuha-mulai-jam-berapa/
http://www.sholat-dhuha.info/2011/03/sebelum-melaksanakan-sholat-dhuha-ada.html#.Wgd-01Vl_IU



============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : sholat dhuha, waktu dhuha
Back To Top