Niat Sholat Masuk Masjid


Maksud niat sholat masuk masjid dalam judul artikel di atas ialah niat sholat sunat tahiyyatul masjid. Kalau sobat belum hafal dengan bacaan niat sholat sunah tahiyyatul masjid, mari bersama-sama belajar dan menghafal disini.

Sholat tahiyyatul masjid adalah sholat untuk menghormati masjid, merupakan salah satu  shalat sunah dua rakaat yang dilakukan saat seseorang memasuki masjid sebelum dia duduk. Jadi, saat Anda ingin melakukan sholat sunnah ini, jangan duduk dulu saat memasuki masjid, tapi segera lakukan sholat tersebut.

Sedangkan untuk bacaan niat sholat tahyatal masjid dalam bahasa Arab, aksara Latin dan terjemahannya adalah sebagai berikut:


اُصَلِّى سُنَّةً

USHOLLII SUNNATAN
Saya niat shalat sunnah

 تَحِيَّةُ الْمَسْجِدِ

 TAHIYYATAL MASJIDI
tahiyatul masjid

 رَكْعَتَيْنِ

ROK'ATAINI
dua rakaat

 ِللهِ تَعَالَى

  LILLAAHI TA'AALAA
   karena allah ta'ala.

Itulah niat sholat sholat sunnah tahiyatul yang bisa kita bagikan. Silahkan Anda pelajari dan menghafalnya serta diamalkan.

Sholat sunnah tahiyyatul masjid  bisa dilakukan kapan saja saat seseorang masuk masjid dan ingin duduk di dalamnya. Termasuk waktu terlarang untuk sholat, menurut pendapat paling kuat di kalangan ilmuwan dari pendapat Imam Syafi'i dan yang lainnya.

Bagaimana cara melakukan salat tahiyyatul masjid sebetulnya sama dengan melakukan sholat sunnah lainnya hanya niat yang berbeda. Sholat tahiyatul masjid  digolongkan sebagai penghormatan kepada masjid. Seakan memberi salam saat masuk ke tempat seseorang dan menyapa sahabatnya saat dia bertemu.

Imam Nawawi mengatakan bahwa beberapa orang lain menyamakannya dengan menyapa pemilik masjid. Disebabkan maksud melakukan sholat sunat tahiyyatul masjid adalah mentaqarrubkan diri kepada Allah, tidak kepada masjidnya. Bagi seorang yang masuk ke rumah orang lain yang disambut adalah pemilik rumahnya bukan rumahnya.

Beberapa saran melakukan sholat sunnah tahiyyatul meliputi:

Dari Abu Qatadah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :
 Jika salah seorang dari kalian. Masuk masjid , maka hendaklah dia shalat dua rakaat sebelum duduk. (HR Bukhari - Muslim)

Itulah informasi seputar niat sholat tahiyyatul masjid baik sebelum shalat jumat, sebelum shalat sunat rawatib maghrib dan yang lainnya. Baca pula artikel lainnya tentang :
- niat sholat setelah adzan
- keutamaan shalat tahiyatul masjid
- doa setelah sholat tahiyatul masjid
- niat sholat sunah jumat
- shalat tahiyatul masjid di mushola

Sumber :
http://www.blogkhususdoa.com/2015/03/bacaan-niat-sholat-sunah-tahiyatul-masjid-bahasa-arab-latin-dan-artinya-lengkap.html



============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : masuk masjid, Niat Sholat
Back To Top