Niat Mandi Sholat Jumat


Salah satu ibadah sunat yang dilakukan pada hari Jumat, khususnya bagi mereka yang akan pergi melakukan sholat Jum'at adalah mandi. Mandi sunat ini dilakukan bagi jemaah yang akan melakukan sholat Jum'at, adapun bagi mereka yang tidak akan Jumatan seperti perempuan, maka tidak disunatkan mandi Jum'at.

Waktu pelaksanaanya adalah sebelum sholat Jum'at setelah terbit matahari hari Jum'at. Jadi jika Anda melakukannya setelah sholat Jum'at, maka tidak termasuk mandi sunat Jum'at.

Niat mandi sholat jumat

Niat itu adalah keharusan meskipun di dalam ibadah sunat. Begitu juga dalam mandi sunat sholat Jum'at, maka niat wajib adanya karena termasuk rukun. Jika kita mandi tanpa niat, maka mandi itu tidak ada bedanya dengan mandi biasa. Itulah fungsi niat, membedakan mana ibadah dan mana adat.

Niat itu tempatnya di dalam hati. Adapun pelafalan niat yang umumnya dilakukan sebagian umat muslim, maka itu hukumnya sunat dengan tujuan membantu kefokusan hati agar khusyu dalam niat. Jika kita hanya niat di lisan saja tanpa niat di hati, maka sama saja dengan tidak niat yang berarti mandinya tidak jadi. Jadi memang betul juga orang yang berpendapat tidak perlu melafadzkan niat, namun tidak betul juga kalau menganggap sesat kepada mereka yang suka melafdzkan niat.

Adapun lafadz niat yang biasa dibaca adalah :

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIHUDHUURI SHOLAATIL JUM'ATI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALAA
Saya niat mandi untuk menghadiri shalat Jum'at, sunnah karena Allah Ta'ala

Lalu bagaimana cara pelaksanaanya ? Pada prinsipnya prakteknya sama saja dengan mandi besar biasa ketika telah tidur dengan suami atau istri. Tidak ada perbedaan sama sekali mulai dari sunat wudhu dulu, membersihkan semua kotoran yang ada di badan, sunat mulai membasuh dari yang bagian atas dahulu serta bagian kanan, membasuhnya 3 kali sampai akhirnya selesai, keluar dari WC dan berdoa.

Jadi bisa kita lihat bahwa niatnya adalah niat madi karena mau menghadiri sholat Jumat, bukan niat menghilangkan hadats besar. Lalu bagaimana kalau kebetulan malam Jumatnya telah tidur enak sama istri hingga kesiangan ? Maka dalam hal ini Anda boleh menggabungkan niat mandi wajib menghilangkan hadats besar disertai dengan niat mau melakukan sholat Jumat. Jadi Anda tidak perlu mandi 2 kali untuk keperluan itu.

Itulah yang bisa Saya sampaikan seputar niat mandi bagi mereka yang akan menghadiri sholat Jumat, bukan bagi wanita, yang tentunya walaupun prakteknya sama, tapi tetap untuk masalah niat pastilah berbeda dengan doa/niat mandi junub, mandi sholat idul fitri dan mandi yang lainnya selain mandi biasa.

Selanjutnya baca :
- niat sholat jumat 



============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : niat mandi, sholat jumat
Back To Top