Doa Sholat Lengkap


Kali ini Saya akan menulis doa sholat lengkap beberapa versi yang Saya ambil dari beberapa kitab yang biasa dikaji di pesantren. Perlu Saya luruskan dahulu bahwa yang dimaksud judul artikel di atas adalah doa yang biasa dibaca setelah sholat wajib 5 waktu, lengkap dengan artinya.

Doa sholat lengkap versi 1

Untuk versi pertama ini, doa sesudah sholat ini Saya ambil referensinya dari Kitab I'aanatuth Thaalibiin,  Juz I halaman 184, karya Sayyid Abu Bakar Muhammad Syatha ad-Dimyathi.

اللَّهُمَّ إنِّيْ اَسْألُكَ مُوجِباتِ رَحْمَتِكَ، وَعَزائِمَ مَغْفِرَتِكَ، والسَّلامَةَ مِنْ كُلِّ إثمٍ، والغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ، والفَوْزَ بالجَنَّةِ، والنَّجاةَ مِنَ النَّارِ

ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA MUUJIBAATI RAHMATIKA, WA’AZAAIMA MAGHFIRATIKA, WASSALAAMATA MIN KULLI ITSMIN WALGHANIIMATA MIN KULLI BIRRIN, WAL FAUZA BILJANNATI WANNAJAATI MINANNAAR.

Ya Allah! Kami memohon kepada-Mu apa saja yang menyebabkan aku memperoleh rahmat-Mu, ampunan-Mu, keselamatan dari segala dosa, keberuntungan dari segala kebajikan, kebahagiaan di surga dan keselamatan dari neraka.


اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَالْفَشَلِ وَمِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

ALLOOHUMMA INII A'UUDZUBIKA MINAL HAMMI WALHAZANI, WA A'UUDZIBIKA MINAL 'AJZI WAL KASALI, WA A'UUDZUBIKA MINAL JUBNI WAL BUKHLI WAL FASYALI WA MIN GHOLABATID DAENI WA QOHRIR RIJAAL.

"Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kedukacitaan, aku berlindung kepada-Mu dari sifat lemah dan malas, aku berlindung kepada-Mu dari sifat penakut, bakhil, kegagalan, beban hutang dan penindasan orang-orang."


 اللهمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوءِ الْقَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

ALLOOHUMMA INII A'UUDZUBIKA MIN JAHDIL BALAA-I WA DARKISY SYAQOO-I WA SUU-IL QODHOO-I WA SYAMAATATIL A'DAA.

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari musibah yang tidak kuat aku tanggung, sebab-sebab datangnya kebinasaan, takdir yang membawa akibat buruk dan kegembiraan musuh atas penderitaanku.


 اللهمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

ALLOHUMMA INII AS-ALUKAL 'AAFIYATA FID DUNYAA WAL AAKHIROH.

Ya Allah aku memohon kepada-Mu keselamatan di dunia dan di akhirat.


اللهمّ أحْسِنْ عَاقِبَتَنَا فِي الأُمُورِ كُلِّهَا، وَأجِرْنَا مِنْ خِزْيِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ

ALLOHUMMA AHSIN 'AAQIBATANAA FIL UMUURI KULLIHAA WA AJIRNAA MIN KHIZYID DUNYAA WA 'ADZAABIL AAKHIROH

Ya Allah, jadikan segala urusan kami berakhir dengan baik. Dan lindungi kami dari bencana dunia dan azab akhirat.


اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ طَيِّبًا وَاسْتَعْمِلْنِيْ صَالِحًا

ALLOOHUMMARZUQNII THOYYIBAAW WASTA'MALNII SHOOLIHAA.

Ya Allah berilah aku rizki yang baik dan bisa beramal shalih.


اللَّهُمَّ أَلْهِمْنِي رُشْدِي، وَأَعِذْنِي مِنْ شَرِّ نَفْسِي

ALLOHUMMA ALHIMNI RUSYDII WA A'IDZNII MIN SYARRI NAFSII.

Ya Allah, ilhamkanlah kepadaku kecerdasan dan lindungilah dari kejahatan nafsuku


.اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْاَلُكَ الهُدَى وَالتُّقَى وَالعَفَافَ وَالغِنَى

ALLOOHUMMA INII AS-ALUKALL HUDAA WATTUQOO WAL 'AFAAFA WAL GHINAA.

Ya Allah, sesungguhnya Saya meminta kepada Engkau, petunjuk, rasa takut, kesucian dan kaya.


اَللّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

ALLOHUMMA KAMAA HASSANTA KHOLQII FAHASSIN KHULUQII

Ya Allah sebagaimana telah Engkau baguskan penciptaan tubuhku, maka baguskan pula akhlakku.


اَللّهُمَّ اجْعَلْ سَرِيْرَتِيْ خَيْرًا مِنْ عَلَانِيَتِيْ، وَاجْعَلْ عَلَانِيَتِيْ صَالِحَةً

ALLOHUMMAJ'AL SARIIROTI KHOIRON MIN 'ALAANIYATII WAJ'AL 'ALAA NIYATII SHOOLIHAH

"Ya Allah, jadikanlah hatiku lebih baik dari kepribadian luarku dan jadikanlah kepribadian luarku shaleh.'


 اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْاَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَاَسْاَلُكَ رِزْقًا طَيِّبًا، وَاَسْاَلُكَ عَمَلًا مُتَقَبَّلًا

ALLOHUMMA INII AS-ALUKA 'ILMAN NAAFI'AA WA AS-ALUKA RIZQON THOYYIBAA WA AS-ALUKA 'AMALAM MUTAQOBBALAA

Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepada-Mu ilmu bermanfaat, rizqi yang baik dan amal yang diterima.


اَلَّلهُمَّ اْجعَلْ خَيْرَ عُمُرِيْ اَخِرَهُ وَخَيْرَ عَمَلِيْ خَوَاتِمَهٌ وَخَيْرَ اَيَّامِيْ يَوْمَ لِقَائِكَ

ALLOOHUMMAJ'AL KHOIRO 'UMURII AAKHIRAHU, WA KHOIRO 'AMALII KHOWAATIMAHI WA KHOIRO AYYAAMII YAUMA LIQOO-IK.

“Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku adalah umur yang terakhirnya, sebaik-baik amalku adalah amal-amal penutupannya dan sebaik-baik hariku adalah hari saat aku menghadap-Mu. 


اَللّهُمَّ اَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ، وَاَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

ALLOOHUMMA ARINAL HAQQO HAQQOW WARZUQNAT TIBAA'AH, WA ARINAL BAATHILA BAATHILAW WARZUQNAJ TINAABAH.

Ya Allah ya Tuhan kami nyatakanlah kepada bahwa kebenaran itu adalah benar dan tunjukilah kai jalan untuk mengikutinya, dan nyatakanlah kelada kai bahwa yang bagil itu adalah batil dan tunjikilah kami jalan untuk menghindarinya


 اَللّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِنَا، وَآمِنْ رَوْعَاتِنَا

ALLOOHUMMASTUR 'AUROOTINAA WA AAMIN ROU'AATINAA

Ya Allah, tutuplah aurat kami, amankanlah ketakutan kami,


 اَللّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

ALLOOHUMMA ROBBANAA AATINAA FIDDUNYA HASANAH, WAFIL AAKHIRAOTI HASANATAWWAQINAA 'ADZAABAN NAAR

Ya Allah Tuhan Kami, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka.


.سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

SUBHAANA ROBBIKA ROBBIL 'IZZATI 'AMMAA YASHIFUUN, WA SALAAMUN 'ALALMURSALIINA WALHAMDU LILLAAHI ROBBIL 'AALAMIIN.

Maha Suci Allah Tuhanmu Tuhan Yang Maha Mulia dari sifat-sifat yang di berikan oleh orang-orang kafir. Dan semoga keselamatan bagi para Rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.

Doa Sholat Lengkap

Doa sholat lengkap versi 2

Doa versi yang ke dua ini Saya ambil dari Kitab Bidaayatul Hidaayah, halaman 27, karya Imam Ghazali yang disebut dengan doa Kawamil. Ini dia doanya.

اللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ

ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA MINAL KHOIRI KULLIHI 'AAJILIHI WA AAJILIH

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu seluruh kebaikan yang segera (dunia) dan yang tertunda (akhirat),

 مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ

MAA 'ALIMTU MINHU WAMAA LAM A'LAM


kebaikan yang aku ketahui dan yang tidak aku ketahui.


 وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الشَّرِّ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآَجِلِهِ

WA A'UUDZUBIKA MINASY SYARRI KULLIH 'AAJILIHI WA AAJILIH

Dan aku berlindung kepadaMu dari segala keburukan yang segera (dunia) dan yang tertunda (akhirat),

 مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ

MAA 'ALIMTU MINHU WAMAA LAM A'LAM


keburukan yang aku ketahui dan yang tidak aku ketahui.


   وَأَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَمَا يُقَرَِبُ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ وَنِيَّةٍ وَاعْتِقَادٍ 

WA AS-ALUKAL JANNATA WAMAA YUQORRIBU ILAIHAA MIN QOULIN WA 'AMALIN WA NIYYATIN WA'TIQOODIN

Aku memohon surga kepada-Mu dan segala perkataan dan perbuatan yang mendekatkan kepadanya dari ucapan, perbuatan, niat dan keyakinan.

وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ النَّارِوَمَا يُقَرَِبُ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ وَنِيَّةٍ وَاعْتِقَادٍ 

WA A'UUDZUBIKA MINAN NAARI WAMAA YUQORRIBU ILAIHAA MIN QOULIN WA 'AMALIN WA NIYYATIN WA'TIQOODIN

Aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan perbuatan yang mendekatkan kepadanya dari ucapan, perbuatan, niat dan keyakinan.

وَأَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ

WA AS-ALUKA MIN KHOIRI MAA SA-ALAKA 'ABDUKA WA NABIYYUKA MUHAMMAD

Aku meminta kepada-Mu kebaikan semua doa yang pernah diminta oleh hamba dan nabi-Mu Muhammad,

وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَااسْتَعَاذَكَ مِنْهُ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ

WA A'UUDZUBIKA MIN SYARRRI MAASTA'AADZAKA 'ABDUKA WA NABIYYUKA MUHAMMAD

dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan dari hal pernah berlindung darinya, hamba dan nabi-Mu Muhammad.

ياحي ياقيوم ياذا الجلال والاكرام 

YAA HAYYU YAA QOYYUUMU YAA DZAL JALAALI WAL IKROOM


Wahai (Tuhan) Yang maha hidup dan Yang terus-menerus mengurusi makhluknya, Yang memiliki keagungan dan kemuliaan


لااله الا انت  بِرَحمَتِكَ أَسْتَغِيْثَ ، وَمِنْ عَذَابِكَ أَسْتَجِيْرُ

LAA ILAAHA ILLAA ANTA BIROHMATIKA ASTAGHIITSU WAMIN 'ADZAABIKA ASTAJIIRU


Tidak ada Tuhan selain Engkau, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan dan aku mohon pertolongan dari siksa-Mu


لَا تَكِلْنِيْ اِلَى نفَسِيْ وَلَا اِلَى أَحَدٍمِنْ خَلْقِكَ طَرْفَةَ عَيْن

LAA TAKILNII ILAA NAFSII WALAA ILAAA AHADIN KHOLQIKA THORFATA 'AIN


dan janganlah sedikitpun engkau biarkan hal itu bersandar padaku dan pada seorang makhluk-Mu sekejap mata pun


وَاَصْلِحْ لِى شَأْنِي كُلِّهُ

WA ASHLIHLII SYA-NII KULLAH


dan perbaikilah bagiku urusanku seluruhnya


بما اصلحت الصالحين

BIMAA ASHLAHTU BIHISH SHOOLIHIIN


sebagaimana engkau memperbaiki orang-orang sholeh


اَلَّلهُمَّ إِنِّيْ أَصْبَحْتُ لَا أَسْتَطِيْعُ دَفْعَ مَا أَكْرَهُ

ALLAAHUMMA INNII ASHBAHTU LAA ASTATHII'U DAF'A MAA AKRAHU

Wahai Allah Tuhanku! Sesungguhnya adalah aku, tiada sanggup menolak apa yang aku tiada sukai

 وَلَا أَمْلِكٌ نَفْعَ مَا أَرْجُوْ 

WALAA AMLIKU NAF'A MAA ARJUU

 dan tiada aku miliki kemanfa'atan apa yang aku harapkan.

وَأَصْبَحَ الْأَمْرُ بيَدِكَ لَابِيَدِ غَيْرِكَ 

WA ASHBAHAL AMRU BIYADIKA  LAA BIYADI GHOIRIKA

Dan jadilah urusan itu ditangan-Mu, bukan selain-Mu

وَأَصْبَحْتُ مُرْتَهِنًا بِعَمَلِيْ

 WA ASHBAHTU MURTAHINAN BI 'AMALII

dan jadilah aku tergadai dengan perbuatanku.

 فَلَا فَقِيْرَ أَفْقَرَ مِنِّيْ

FALAA FAQIIRO AFQORO MINNII

Maka tiadalah orang yang miskin, yang lebih miskin dari aku

 اَلَّلهُمَّ لَا تُشْمِتْ بِيْ عَدُوِّيْ 

ALLAAHUMMA LAA TUSYMIT BII 'ADUWWII

Wahai Allah Tuhanku! Janganlah Engkau jadikan musuhku mencaci aku

وَلَا تَسُؤْ بِيْ صَدِيْقِيْ 

WALAA TASU-BII SHODIIQII

dan janganlah Engkau jadikan temanku berbuat jahat kepadaku.

وَلَا تَْجَعلْ مُصِيْبَتِيْ فيْ دِيْنِيْ 

WALAA TAJ'AL MUSHIIBATII FII DIINII

Dan janganlah Engkau jadikan bahaya bagiku pada agamaku

وَلَا تَجْعَلِ الُّدنْيَا أَكْبَرَ هَمِّيِْ 

WALAA TAJ'ALID DUNYAA AKBARO HAMMII

dan janganlah Engkau jadikan dunia cita-citaku yang terbesar.

وَلَا تُسَلِْطْ عَلَيَّ بِذَنْبِيْ مَنْ لاَ يَرْحَمُنِيْ

WALAA TUSALLITH 'ALAYYA BIDZAMBII MAL LAA YARHAMUNII

Dan janganlah Engkau memberikan kekuasaan kepada orang yang tiada berbelas-kasihan kepadaku,

Sebenarnya masih ada tambahan lagi jika merujuk pada syarah kitab tersebut. Hanya saja Saya kira cukup dulu doa sholat lengkap di atas. Insya Allah nanti Saya tambah lagi kalau sempet.



============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : doa sholat
Back To Top