Tuliskan Bacaan Niat Sholat Tahajud Beserta Artinya


Ada pertanyaan dari beberapa siswa, mungkin pertanyaan dari PR sekolahnya. Pertanyaanya “tuliskan bacaan niat sholat tahajud beserta artinya”. Insya Allah Anda juga sudah tahu artinya, karena Saya yakin Anda sudah sering atau rutin melakukan sholat tahajud.

Namun demikian akan Saya jawab pertanyaan tersebut dengan artikel di bawah ini, siapa tahu ada yang membutuhkan dan kebetulan belum tahu jawabannya.

Kita tahu bahwa Sholat Tahajud adalah shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari. Waktu untuk melakukan shalat Tahajud biasanya dilakukan pada sepertiga malam. Sholat Tahajud dilakukan setidaknya dua rakaat dan sebanyak mungkin tidak terbatas.

Sholat Tahajud termasuk shalat sunnat mu'akad atau sholat yang diperkuat oleh syara ' pelaksanaannya. Berikut ini adalah penjelasan dari doa, cara, waktu melakukan sholat tahajud.

Niat Sholat Tahajud

Untuk niat sholat tahajud tidak jauh berbeda atau hampir sama dengan shalat sunnah lainnya, cukup singkat dan mudah diingat. Doa dan niat sholat tahajud dan doa setelahnya adalah sebagai berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

USHOLLII SUNNATAT TAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA.
Aku (niat). shalat sunat tahajud 2 rakaat, karena Allah Ta’ala

Doa Tahajud

Nabi juga mengajarkan doa khusus untuk sholat tahajud yaitu

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ،

Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Engkau yang mengatur langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Engkau pencipta langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Engkau Maha benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, pertemuan dengan-Mu benar. Surga itu benar, neraka itu benar, dan kiamat itu benar.

اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Ya Allah, hanya kepada-Mu aku pasrah diri, hanya kepada-Mu aku beriman, hanya kepada-Mu aku bertawakkal, hanya kepada-Mu aku bertaubat, hanya dengan petunjuk-Mu aku berdebat, hanya kepada-Mu aku memohon keputusan, karena itu, ampunilah aku atas dosaku yang telah lewat dan yang akan datang, yang kulakukan sembunyi-sembunyi maupun yang kulakukan terang-terangan. Engkau yang paling awal dan yang paling akhir. Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau.

Tuliskan Bacaan Niat Sholat Tahajud Beserta Artinya

Tata Cara Sholat Tahajud

Mengenai cara sholat tahajud tidak jauh berbeda dengan shalat sunnah lainnya. Cara melakukan sholat Tahajud adalah sebagai berikut:

Baca niatsholat tahajud seperti yang tertulis di atas dengan suara tenang, diikuti maknanya  di dalam hati. Setelah membaca niat dilanjutkan dengan membaca takbir yakni membaca ALLAAHU AKBAR dengan tangan terangkat.

Kemudian ucapkan doa iftitah yang hukumnya sunnah.  Kemudian baca Surah Al-Fatihah, setelah Surah Al-Fatihah membaca surat pendek dalam Al-Qur'an yang telah dihafal. Bacaan surat sholat tahajud seperti Surah Al Ikhlas, An Naas, Al Falaq, dan lainnya.

Kemudian lanjutkan seperti pada langkah-langkah sholat pada umumnya seperti ruku, sujud, hingga salam. Setelah salam dibacakan bacaan wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, kemudian pembacaan doa sholat tahajud.

Waktu Sholat Tahajud

Tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan setelah tidur. Waktu mulai tahajud adalah setelah malam sampai sebelum fajar, dengan syarat sesudah tidur. Waktu utama adalah di sepertiga terakhir malam.

Sholat Tahajud kadang-kadang disebut sebagai qiyamul lail atau sholat lail, tetapi tidak semua qiyamul lail adalah sholat tahajud. Jika seseorang melakukan niat sholat malam sebelum tidur, itu termasuk dalam kategori qiyamul lail atau sholat lail. Disebut sholat tahajud jika didahului dengan tidur.

Secara garis besar, waktu sholat tahajud terbagi 3 yaitu :
- 1/3 pertama malam, kira-kira berkisar jam 19.00 hingga jam 22.00, ini saat utama
- 2/3 pertama malam, kira-kira, berkisar jam 22.00 sampai jam 01.00, ini saat yang lebih utama
- 1/3 pertama malam terakhir, berkisar dari jam 01.00 sampai masuknya waktu subuh, ini saat yang paling utama


Keutamaan Sholat Tahajud

Keutamaannya sangat luar biasa, yang membuat kita harus termotivasi untuk terbiasa mempraktikkannya. Berikut ini adalah keutamaan dari sholat Tahajud yang telah Kami rangkum.

Mendapatkan posisi yang terhormat
Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Al Isra ayat 79 bahwa pada bagian dari malam itu ada waktu untuk ibadah tambahan untuk mengangkat Anda ke tempat terpuji.

Kunci menuju Surga
Rasulullah sallallaahu ‘alayhi wasallam bersabda bahwa manusia yang suka menyebarkan salam, memberi makan kepada mereka yang membutuhkan, menghubungkan silaturrahim, dan berdoa di malam hari ketika orang lain tidur, maka pasti akan masuk surga dengan aman.

Sholat  sunnah yang paling penting
Sholat tahajud yang juga disebut qiyamul lail adalah sholat sunnah yang paling penting. Seperti yang disabdakan Nabi bahwa sholat yang paling penting setelah shalat fardu adalah shalat malam.

Mendapatkan kemuliaan dan wewenang
Selain mendapatkan posisi mulia di akhirat, orang-orang yang ahli dalam sholat tahajud juga akan mendapatkan posisi mulia di dunia. Tuhan akan memberinya kemuliaan dan otoritas.

Doanya dijawab
Orang yang melakukan sholat tahajud kemudian berdoa, insya Allah doanya dijawab oleh Tuhan. Apalagi jika dia melakukannya di sepertiga malam terakhir.

Merupakan kebiasaan orang benar
Sholat ini adalah kebiasaan orang-orang benar yang sebelumnya. Jadi siapa yang saat ini selalu melakukannya, maka ia terdaftar sebagai orang yang benar seperti mereka.

Penghapus dan pencegah dosa
Setiap orang pasti memiliki dosa. Dosa-dosa kecil dapat lenyap dengan menjalankan shalat sunnah tahajud. Yang lebih istimewa, sholat ini juga dapat mencegah seseorang melakukan dosa. Orang yang merutinkan tahajud akan mendapatkan taufiq dari Allah Subhanahu wa Ta'ala sehingga ia dijauhkan dari amoralitas dan dosa.

Menolak penyakit
Di antara keutamaan tahajud adalah menolak penyakit. Dengan seizin Allah, mereka yang menjalankan sholat sunnah ini akan dijaga kesehatannya dan dijauhkan dari penyakit. Kebajikan ini telah terbukti secara medis.

Demikian jawaban dari pertanyaan tuliskan bacaan niat sholat tahajud arab beserta artinya termasuk juga tata cara sholat tahajud dan bacaannya.



============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : bacaan niat, sholat tahajud
Back To Top