Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Panjang (Arab)


Doa setelah sholat fardhu adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Selain sebagai bentuk penghambaan kepada Allah SWT, doa ini juga menjadi sarana untuk memohon ampunan, rahmat, dan pertolongan dari-Nya. Berikut ini adalah contoh doa panjang yang bisa dibaca setelah sholat fardhu, lengkap dengan teks Arabnya.


Pentingnya Berdoa Setelah Sholat Fardhu

Sholat fardhu merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang telah baligh dan berakal. Setelah menyelesaikan sholat, berdoa adalah momen untuk mendekatkan diri kepada Allah, mengungkapkan rasa syukur, memohon ampunan, serta meminta segala kebaikan dunia dan akhirat. Doa yang panjang memberikan kesempatan untuk lebih banyak berkomunikasi dengan Allah SWT dan mencurahkan segala keinginan serta harapan.


Contoh Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Panjang

Berikut adalah contoh doa panjang yang dapat dibaca setelah sholat fardhu:


Doa Pembuka

اللّهُـمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ، تَبَارَكْتَ يَاذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ

Lafadz Latin:

Allahumma anta as-salamu wa minka as-salamu, tabarakta ya dzal jalali wal ikram.

Artinya:

"Ya Allah, Engkaulah keselamatan dan dari-Mu lah keselamatan, Maha Suci Engkau, wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kemuliaan."


Doa Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللّهَ العَظِيْمَ، أَسْتَغْفِرُ اللّهَ العَظِيْمَ، أَسْتَغْفِرُ اللّهَ العَظِيْمَ

Lafadz Latin:

Astaghfirullahal 'azhim, astaghfirullahal 'azhim, astaghfirullahal 'azhim.

Artinya:

"Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung."


Doa Syukur dan Pujian

اللّهُـمَّ أَعِنِّيْ عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Lafadz Latin:

Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa shukrika wa husni ‘ibadatik.

Artinya:

"Ya Allah, bantulah aku untuk selalu mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan memperbaiki ibadahku kepada-Mu."


Doa Memohon Perlindungan

اللّهُـمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لاَ يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لاَ تَشْبَعُ، وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَ يُسْتَجَابُ لَهَا

Lafadz Latin:

Allahumma inni a'udzu bika min 'ilmin la yanfa', wa min qalbin la yakhsha', wa min nafsin la tashba', wa min da'watin la yustajabu laha.

Artinya:

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari nafsu yang tidak pernah kenyang, dan dari doa yang tidak dikabulkan."


Doa Penutup

اللّهُـمَّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ، الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ

Lafadz Latin:

Allahumma ighfir li wa liwalidayya walilmu’minina walmu’minati, wal muslimina wal muslimati, al-ahya’i minhum wal-amwat.

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah aku, kedua orang tuaku, orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, serta orang-orang Islam laki-laki dan perempuan, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal."


Manfaat Berdoa Setelah Sholat

  • Menguatkan Iman: Berdoa setelah sholat membantu memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.
  • Mendapatkan Ketenangan: Doa merupakan sarana untuk mencurahkan segala keluh kesah kepada Allah, yang pada akhirnya memberikan ketenangan jiwa.
  • Memperoleh Ampunan: Doa setelah sholat adalah waktu yang mustajab untuk memohon ampunan dan rahmat dari Allah.
  • Mengikat Keberkahan: Berdoa setelah sholat dapat mengundang keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.


Kesimpulan

Doa setelah sholat fardhu adalah amalan yang sangat dianjurkan dan memiliki banyak manfaat. Membaca doa panjang memberikan kesempatan lebih untuk berkomunikasi dengan Allah SWT, memohon ampunan, dan menyampaikan segala kebutuhan serta harapan. Semoga contoh doa di atas dapat membantu Anda dalam memperbaiki kualitas ibadah dan meningkatkan kedekatan dengan Allah SWT.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam melaksanakan ibadah sholat dengan lebih khusyuk dan penuh keberkahan.



Tag : sholat fardhu
Back To Top