Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya


Sholat Dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu pagi setelah terbit matahari hingga menjelang waktu Dzuhur. Sholat ini memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah mendatangkan rezeki dan kemudahan dalam segala urusan. Setelah menunaikan sholat Dhuha, umat Muslim dianjurkan untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Berikut ini adalah doa setelah sholat Dhuha lengkap dengan tulisan latin dan artinya.


Doa Setelah Sholat Dhuha

Doa:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاؤُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاؤُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ، وَاِنْ كَانَ فِي الْاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ، وَاِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ، وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ، وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ، بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِيْ مَا آتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Latin:

"Allahumma innad-dhuhaa dhuha-uka, wal-bahaa-a baha-uka, wal-jamaala jamaaluka, wal-quwwata quwwatuka, wal-qudrata qudratuka, wal-'ishmata 'ishmatuka.

Allahumma in kaana rizqii fis-samaa'i fa'anzilhu, wa in kaana fil-ardhi fa'khrijhu, wa in kaana mu'siran fa-yassirhu, wa in kaana haraaman fa-tahhirhu, wa in kaana ba'iidan fa-qarribhu, bi-haqqi dhuhaa-ika, wa baha-ika, wa jamaalika, wa quwwatika, wa qudratika. Aatini maa aataita 'ibaadaka as-shaaliheen."

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, kekuasaan adalah kekuasaan-Mu, dan perlindungan adalah perlindungan-Mu.

Ya Allah, jika rezekiku masih di langit, turunkanlah. Jika ada di bumi, keluarkanlah. Jika sulit, mudahkanlah. Jika haram, sucikanlah. Jika masih jauh, dekatkanlah. Dengan hak waktu Dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu, dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepadaku segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang shalih."


Keutamaan Sholat Dhuha

Mendapatkan Pahala Seperti Bersedekah: Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Pada setiap pagi, setiap ruas dari salah seorang di antara kalian harus disedekahi. Maka setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, memerintahkan yang makruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah, dan yang mencukupi dari itu semua adalah dua rakaat yang dikerjakan pada waktu Dhuha.” (HR. Muslim)

Dicukupi Kebutuhan Harian: Rasulullah SAW bersabda, “Wahai anak Adam, janganlah engkau malas mengerjakan empat rakaat di awal harimu (Dhuha), maka pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Menghapus Dosa: Sholat Dhuha juga dapat menghapus dosa-dosa kita. Dalam hadis riwayat Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menjaga sholat Dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walaupun sebanyak buih di lautan.”


Kesimpulan

Sholat Dhuha adalah salah satu amalan sunnah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Melaksanakan sholat Dhuha dan berdoa setelahnya merupakan cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon kebaikan dalam hidup. Semoga doa-doa yang dipanjatkan setelah sholat Dhuha diterima oleh Allah SWT dan membawa berkah serta rahmat dalam kehidupan kita. Aamiin.



Tag : sholat dhuha
Back To Top