Niat Sholat Tahajud Jam 4


Bolehkah niat sholat tahajud jam 4 ?  Jawabannya bisa boleh bisa tidak. Tergantung waktu subuhnya jam berapa. Sebab sholat tahajud itu batas waktunya sampai sampai menjelang adzan subuh tiba. Jadi jika di daerah Anda waktu subuhnya jam 04.30, maka masih ada kesempatan untuk sholat tahajud sehingga Anda bisa segera melakukan niat sholat tahajud.

Namun jika waktu subuh di tempat Anda jam 03.55 misalnya, maka waktu subuh sudah habis dan waktu tahajud pun otomatis habis. Artinya kita sudah ngga bisa melakukan niat sholat tahajud saat itu.

Lalu bagaimana cara membaca atau melafalkan niat sholat tahajud jam 4 ? Apakah ada perbedaan dengan niat sholat tahajud tengah malam, jam 2, jam 3 atau yang lainnya ? Sama sekali tidak ada perbedaan dalam pegucapan niat sholat tahajud.

Niat Sholat Tahajud Jam 4

Lafadz niat sholat tahajud adalah sebagai berikut:

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ

Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala.

Bacaan niat ini dibaca ketika hendak melakukan takbiratul ihram sholat tahajud. Hukum membacanya adalah sunnah, bukan wajib, sebab yang menjadi rukun sholat adalah niatnya dalam hati bukan melafalkannya.

Maka jika sebelum takbir kita tidak membaca bacaan niat tersebut, hanya niat dalam hati saja, maka hukumnya tetap sah. Niat dalam hati tersebut biasa kita sebut juga dengan qashad.



============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : Niat Sholat, sholat tahajud
Back To Top