Niat Sholat Sunah Sebelum Sholat Jumat


Sebelum Saya bahas tentang niat sholat sunah sebelum sholat jumat, kita kupas dahulu tentang sholat jumat. Sholat Jum'at adalah ibadah wajib bagi umat Islam laki-laki yang harus dilakukan secara berjamaah di masjid sebagai pengganti sholat zhuhur.

Dalam madzhab Syafi'i, ibadah Jumat dilakukan setidaknya oleh 40 jamaah dan harus dilakukan setelah dua khotbah, sehingga khutbah ini hukumnya wajib.

Pada hari Jumat, Allah SWT menjanjikan banyak penghargaan/pahala bagi mereka yang banyak beribadah, baik ibadah wajib maupun sunnah, termasuk melakukan shalat rawatib yakni shalat sunnah sebelum dan sesudah shalat fardu.

Sholat ini direkomendasikan dilakukan untuk menutupi kekurangan yang ada dalam sholat wajib. Begitu pun dengan shalat sunnah ba'diyah, juga bertujuan untuk menutupi beberapa kekurangan dalam shalat wajib yang baru saja dilakukan.

Madzhab Syafi'i menyebutkan bahwa keberadaan shalat Sunnah Qabliyyah Jumat adalah sebagai pengganti Shalat Sunnah Quhliyah zhuhur. Seperti diketahui, shalat sunnah qabliyyah adalah shalat sunnah yang dilakukan sebelum salat lima waktu.

Shalat Qabliyyah pada hari Jumat juga dianjurkan. jadi kekhususan ibadah pada hari Jumat tidak menghalangi kesunnahan sholat rawatibat yang biasanya menyertai sholat wajib lima kali sebelum dan sesudah.

Shalat Qabliyyah Sunnah dilakukan setelah tiba waktu Jumat, tetapi ketika pengkhotbah sudah mulai berkhotbah, maka shalat Sunab Qabliyyah Jumat harus dilakukan secara singkat.

Para ulama berbeda pendapat tentang shalat sunnah qabliyyah Juma'at. Pertama, shalat Jumat Qabliyyah dianjurkan untuk dilakukan (sunnah). Pendapat ini dikemukakan oleh Imam Abu Hanifah, Syafi'iyyah dan pendapat Hanabilah.

Kedua, sholat qabliyyah Jumat tidak disunatkan menurut pendapat Imam Malik dan sebagian dari Hanabilah dalam riwayat yang terkenal.

Semua masalah ini adalah khilafiyah furu'iyyah atau perbedaan dalam cabang-cabang hukum agama, sehingga tidak boleh menyudutkan antara dua pendapat di atas. Dalam aturan fiqh dikatakan bahwa seseorang dapat mengikuti salah satu pendapat ulama yang disengketakan dan tidak boleh mencegahnya melakukan hal itu, kecuali dalam masalah yang disepakati.

Setelah selesai melakukan sholat Jum'at, disunatan pula melakukan sholat ba'diyah jumat. Shalat Jumat ba'diyyah, sunnahnya dilakukan di rumah.

Niat Shalat Qobliyah dan Ba'diyah Jumat

Berikutnya adalah niat shalat sunnah qabliyah dan badiyah Jumat.

Niat sholat qobliyah jumat :

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الجُمُعَةِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً لِلهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatal Jumu‘ati rak‘ataini qabliyyatal lillaahi ta‘aalaa.
Aku menyengaja sembahyang sunnah qabliyyah Jumat dua rakaat karena Allah SWT.

Niat shalat ba'diyah jumat : 

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الجُمُعَةِ رَكْعَتَيْنِ بَعْدِيَّةً لِلهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatal Jumu‘ati rak‘ataini ba‘diyyatal lillaahi ta‘aalaa.
 Aku menyengaja sembahyang sunnah ba‘diyyah Jumat dua rakaat karena Allah SWT.

Setelah melakukan sholat qobliyyah, dilanjutkan dengan khutbah Jum'at. Setelah khutbah selesai, langsung melaklukan sholat Jumat. Adapun niat sholat jumat bagi makmum adalah :

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muumal lillaahi ta'aala
Aku niat melakukan shalat jumat dua rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi mamum, karena Allah ta'ala.

Setelah Sholat Jumat dilakukan, jangan lupa membaca wirid Sholat Jumat yakni membaca :
- Surat Al-Fatihah 7x
- Surat Al-Ikhlas 7x
- Surat Al-Falaq 7x
- Surat An-Anaas 7x.
- doa di bawah ini:

ALLAAHUMMA YAA GHANIYYU YAA HAMIIDU YAA MUBDI'U YAA MU'IIDU, YAA RAHIIMU YAA WADUUDU, AGHNINII BIHALAALIKA 'AN HARAAMIKA, WA BITHAA'ATIKA 'AM MA'SHIYATIKA WA BIFADHLIKA 'AMMAN SIWAAK.

Wahai Allah! Yang maha kaya, yang maha terpuji, yang maha mengadakan, yang maha mengembalikan, yang maha pengasih, yang maha mengasihi. Berikanlah aku kekayaan dengan barang mu yang halal, jauh dari barang yang haram, dan dengan berbuat taat kepada-mu, jauh dari berbuat maksiat, dan dngan anugrah mu, jauh dari (meminta) kepada selain-mu.

Niat Sholat Sunah Sebelum Sholat Jumat

Keutamaan Sholat Jumat

Sholat Jumat sebagai pengganti sholat zhuhur memiliki beberapa keutamaan yakni :

Menghapus dosa kecil
Shalat Jumat akan menghapus dosa-dosa kecil dalam seminggu. Hal ini diceritakan oleh Imam Muslim dan Abu Hurairah, bahwa dintara shalat lima waktu, antara satu Jumat dengan Jumat berikutnya, dapat menghapus dosa antara keduanya selama tidak ada dosa besar yang dilakukan).

Menpadapat pahala besar
Ada pahala besar bagi mereka yang hadir pada sholat Jum'at. Hal ini sesuai dengan hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang menyatakan bahwa siapa pun yang mandi pada hari Jumat seperti pada mandi janabah, kemudian pergi ke masjid, maka ia seperti berkorban dengan unta.

Siapa pun yang datang pada kesempatan kedua, maka dia seperti mengorbankan seekor sapi. Siapa pun yang datang pada kesempatan ketiga, maka dia seperti berkorban dengan kambing bertanduk. Siapa pun yang datang pada kesempatan keempat, maka dia seperti mengorbankan seekor ayam.

Dan siapa pun yang datang pada kesempatan kelima, maka dia seperti berkorban dengan telur. Dan ketika imam telah keluar (untuk memberikan khotbah), maka para malaikat hadir mendengarkan zikir (khotbah).

Mendapat imbalan puasa
Setiap langkah umat Islam yang pergi ke masjid untuk sholat Jumat, maka dia mendapatkan imbalan seperti melakukan puasa dan shalat selama setahun. Hal ini sejalan dengan hadits Nabi dari Aus bin Aus yang mengatakan bahwa barangsiapa mandi pada hari Jumat dengan mencuci kepalanya dan anggota tubuh lainnya, lalu ia pergi pada awal waktu atau ia pergi dan mendapatkan khotbah pertama, kemudian ia mendekati imam, mendengar khotbah dan diam, maka setiap langkah dari kakinya dihitung sebagai ibadah puasa dan sholat setahun.

Demikian penjelasan shalat sunnah jum'at setelah adzan atau sholat qobliyyah jum'at yang mana waktu sholat in setelah adzan pertama jumat. Adapun jika melakukan sholat sunah jumat sebelum adzan, maka masuk kategori niat shalat sunnah mutlak sebelum sholat jumat.

Sumber :
https://islam.nu.or.id/post/read/99564/ini-lafal-niat-shalat-sunnah-qabliyyah-jumat




============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Back To Top