Doa Setelah Shalat Tahajud dan Dzikir


Inilah Doa Setelah Shalat Tahajud dan Dzikir - Shalat tahajud akan membawa banyak keuntungan dan manfaat bagi yang melakukannya. Apalagi jika dibarengi dengan dzikir setelah shalat tahajud.

Amalan sunnah ini bisa menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Meskipun merupakan amalan sunnah, mendirikan shalat tahajud dan mengerjakan amalan setelah shalat tahajud sangat dianjurkan dalam Islam.

Bagi orang yang ikhlas dan ikhlas menjalankan ibadah ini, surga adalah janji dari Allah SWT yang menantinya.

Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Shalat tahajud adalah shalat yang dilakukan pada malam hari, dengan syarat orang yang melaksanakan shalat tahajud harus tidur terlebih dahulu.

Waktu pelaksanaan sholat tahajud sendiri dimulai dari setelah magrib hingga menjelang subuh.

Namun, waktu yang paling dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah ini adalah sepertiga malam terakhir.

Barangsiapa yang melaksanakan shalat tahajud dan berdzikir pada waktu itu, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya dan mengabulkan apa yang dia inginkan.

Bacaan dzikir setelah shalat tahajud yang dianjurkan menurut sunnah Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

  • Pujian dengan mengucapkan “Subhanallah” yang artinya Maha Suci Allah sebanyak 100 kali
  • Membaca kalimat tahmid yaitu “Alhamdulillah” yang artinya Alhamdulillah sebanyak 100 kali
  • Takbir dengan membaca “Allahuakbar” yang artinya Allah Maha Besar sebanyak 100 kali lipat
  • Membaca istighfar singkat yaitu “Astagfirullah” yang artinya saya mohon ampun kepada Allah sebanyak 100 kali
  • Baca juga istighfar panjang yaitu “Astaghfirullah hal adzim aladzi laailaha illa huwal khayyul qoyyumu wa atuubu ilaiih”, yang artinya “Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, yang tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup, Maha Berdiri Sendirian, dan aku bertaubat kepada-Nya".

Setelah membaca dzikir setelah sholat tahajud, baca juga doa setelah sholat tahajud yaitu sebagai berikut :

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

“Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana ‘abduka, wa ana ala ahdika wawa’dika mastatha’tu, a’uzubika min syarri ma shana’tu, abu’u laka bini’matika alayya wa abu’u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfiru zunuba illa Anta.”

Dzikir dan bacaan doa setelah shalat tahajud merupakan amalan yang baik dilakukan setelah shalat tahajud.

Mengingat banyaknya manfaat bagi diri sendiri di dunia dan di akhirat, betapa ruginya bagi orang yang melewatkan amalan-amalan tersebut.

Manfaat Membaca Dzikir Setelah Sholat Dzuhur

Dzikir merupakan amalan yang dianjurkan untuk dilakukan terutama setelah shalat, baik itu shalat wajib maupun shalat sunnah.

Dzikir akan memberikan banyak manfaat bagi yang membacanya.

Beberapa manfaat yang akan diperoleh seseorang yang berdzikir kepada Allah SWT adalah sebagai berikut:

1. Dilindungi oleh Allah SWT

Dzikir dapat menjauhkan seseorang dari berbagai keburukan dan dapat mendekatkannya pada kebaikan. Dengan dzikir lisan yang rutin mengagungkan Allah SWT, maka Allah SWT akan selalu melindungi orang tersebut dari hal-hal yang buruk.

Jika seseorang ingin mendapatkan perlindungan dan rahmat dari Allah SWT, maka berzikirlah karena dengan berdzikir seseorang akan lebih dekat dengan Allah SWT dan lebih dekat dengan perlindungan-Nya. Hal ini juga terdapat dalam sebuah hadits yang berbunyi,

“Barangsiapa yang membaca dzikir ini di malam hari sebanyak tiga kali, dia tidak akan diracuni malam itu.” (HR Ahmad 2/290).

2. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dzikir dapat mendekatkan seseorang kepada Allah SWT. Orang yang berdzikir akan selalu mengingat Allah SWT, mengingat kebesaran Allah SWT dan mengingat kematian yang bisa datang kapan saja.

Dzikir juga merupakan salah satu amalan yang disukai oleh Allah SWT. Hal ini dapat dilihat dalam hadits berikut,

“Apakah Anda ingin saya menunjukkan kepada Anda perbuatan terbaik Anda, yang paling suci di sisi Raja Anda (Allah), dan yang paling mengangkat derajat Anda; lebih baik untukmu daripada infaq emas atau perak, para sahabat yang hadir berkata: "Mau (Wahai Rasulullah)!" Dia berkata: "Mengingat Allah SWT." (HR. At-Tirmidzi no. 3377).

3. Memberikan Ketenangan Hati dan Pikiran

Dzikir adalah amalan setelah sholat tahajud yang dapat membawa ketenangan jiwa dan hati. Salah satu keutamaan mendirikan shalat tahajud adalah mendamaikan hati dan pikiran yang galau atau khawatir.

Oleh karena itu, siapa saja yang merasa ingin lebih tenang dan tenteram hatinya, ada baiknya mulai berusaha istiqomah untuk menegakkan kembali shalat-shalat wajib dan menambahkannya dengan shalat-shalat sunnah seperti shalat tahajud. Jangan lupa membaca dzikir setelah sholat tahajud.

Karena dzikir dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, hati menjadi lebih tenang. Hal ini tertulis dalam salah satu ayat Al-Qur'an yaitu surat Ar-rad ayat 28 yang berisi,

“Ingat, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra'd: 28).

4. Menghapus Dosa

Barangsiapa yang lidahnya selalu digunakan untuk berdzikir, menyebut nama Allah, memuji Allah dan mengingat Allah, maka Allah akan menghapus dosa-dosa mereka. Tuhan juga akan menjamin keselamatan bagi orang tersebut.

Selain itu, Allah juga akan menjauhkannya dari siksaan yang keji. Hal ini disampaikan dalam sebuah hadits ketika Mu'ad bin Jabal mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Tidaklah seorang anak Adam melakukan suatu perbuatan yang mendatangkan jaminan keselamatan baginya, dari azab Allah lebih daripada mengingat Allah SWT.” (Shahih Al-Jaami 5633).

5. Allah SWT Menjanjikan Surga

Muslim mana yang tidak ingin masuk surga? Surga adalah tujuan akhir yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam yang hidup di dunia. Orang yang berdzikir setiap hari, surga adalah tempat terbaik bagi mereka.

Sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa seseorang yang meninggal di sore hari ketika berzikir di pagi hari, maka dia akan ditempatkan di surga. Demikian juga ketika seseorang meninggal pada waktu subuh sedangkan malamnya digunakan untuk berdzikir.

Hal ini dinyatakan dalam hadits berikut,

“Barang siapa yang membaca dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh iman, kemudian dia meninggal dunia pada hari itu sebelum petang, maka dia termasuk penghuni surga. Dan barang siapa yang mengucapkannya pada malam hari dalam keadaan penuh iman, lalu dia meninggal sebelum fajar, maka dia termasuk penghuni surga. (HR Bukhari (7/150, no. 6306).

Maka dari itu, ketika melaksanakan sholat sunnah tahajud pada malam hari, jangan lupa untuk menutupnya dengan membaca bacaan dzikir setelah sholat tahajud. Jadi jika Allah SWT memanggil kita di pagi hari, insya Allah surga menanti kita.

6. Amalan Favorit Nabi

Penasaran dengan amalan apa saja yang paling disukai oleh Rasulullah SAW? Dzikir adalah jawabannya. Lisan Rasulullah SAW selalu digunakan untuk berdzikir dan mengingat Allah, sepanjang hari dan sepanjang waktu.

Salah satu alasannya adalah dzikir dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karena itu, Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk selalu berdzikir dan terus berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sebagai Muslim yang juga pengikut Nabi Muhammad SAW, sudah sepatutnya kita meneladani apa yang diajarkan oleh beliau.

7. Membersihkan Hati

Hati dan pikiran manusia seringkali “tercemar” ketika hanya memikirkan kehidupan duniawi. Berbeda dengan orang yang hari-harinya diisi dengan mengingat Allah SWT. Dzikir dapat membersihkan hati dan pikiran dari hal-hal yang kotor dan buruk.

Sebagaimana Allah SWT menjaga orang yang rajin berdzikir dari berbagai keburukan, dzikir dapat membersihkan dan mensucikan hati.

Alasannya tentu karena setiap kalimat yang diucapkan untuk dzikir memiliki makna yang baik. Orang yang rutin berdzikir tidak akan ingat untuk mengucapkan kata-kata buruk.

Dzikir yang merupakan upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT tentunya akan membuat hati menjadi lebih bersih dan tidak sempat dikotori oleh keburukan yang dipengaruhi oleh jin dan setan.

Melaksanakan sholat tahajud dan membaca dzikir setelah sholat tahajud yang merupakan bagian dari amalan setelah sholat tahajud dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, mendatangkan ketentraman jiwa dan banyak keberkahan lainnya.




============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : Shalat Tahajud
Back To Top