Rukun Shalat Ada Berapa Ya


Ada Berapa Rukun Shalat Fardhu – Bilangan rukun sholat itu ada yang menyatakan 13, 14, 17, 18 bahkan lebih dan tidak ada yang menyebutkan jika rukun sholat jumlahnya 5. Yang lima itu bukan rukun sholat tapi rukun Islam.

Kemudian, apa saja rukun sholat? Mustafa al-Khin dan Musthafa al-Bugha, Al-Fiqh al-Manhaji ‘ala Madzhab al-Imâm al-Syâfi’i (Surabaya: Al-Fithrah, 2000), juz I, halaman: 129, menerangkan bahwa makna rukun adalah.

Rukun sesuatu adalah bagian mendasar dari sesuatu itu, seperti tembok untuk bangunan. Maka bagian-bagian shalat ialah rukun-rukunnya seperti ruku’ dan sujud. Tidak bakalan sempurna eksistensi shalat dan tidak akan menjadi sah kecuali kalau semua bagian shalat terlaksanakan dengan bentuk dan urutan yang sesuai sebagaimana sudah dipraktekkan oleh Nabi SAW.

Rukun Salat adalah setiap ucapan atau tingkah laku yang bakal membentuk hakikat salat. Apabila salah satu rukun ini tidak benar, maka salat pun tak dianggap secara syar’i dan juga tidak dapat diganti dengan sujud sahwi.

Rukun shalat adalah inti yang menjadi hakikat shalat itu sendiri. Pada waktu seseorang tidak mengerjakan salah satu rukun, maka shalat yang dikerjakan tak sah.

Secara singkat dapat kita artikan bahwa rukun shalat adalah bagian penyusun dari shalat tersebut. Terdapat aneka jenis versi tentang berapa rukun shalat.

Namun demikian, perbedaan versi tersebut taklah bersifat substansial, namun cuma masalah teknis belaka, seumpama mislanya ada ahli fiqih yang menyebutkan rukun thuma’ninah (tak bergerak sejenak) cuma sekali saja meskipun letaknya di bermacam tempat, dan ada yang menyatakannya secara terpisah-pisah.

Juga ada di antaranya yang menyebutkan bahwa niat keluar dari shalat merupakan rukun, tetapi ada juga yang menyebutkan bahwa hal itu secara otomatis termaksudkan dalam rukun salam pertama. Di antara yang secara sangat terperinci menyebutkan rukun-rukun shalat adalah penjelasan Imam Abu Suja’ dalam Matan al-Ghâyah wa Taqrîb (Surabaya: Al-Hidayah, 2000), halaman: 9:

Pasal, rukun-rukun shalat ada 18, yakni: 1. Niat 2. Berdiri bagi yang mampu 3. Takbiratul ihrâm, 4. Membaca surat al-Fatihah; dimana Bismillâhirrahmânirrahîm merupakan bagian ayatnya 5. Ruku’,  6. Thuma’ninah 7. Bangun dari ruku’ dan I’tidal 8. Thuma’ninah, 9. Sujud 10. Thuma’ninah 11. Duduk diantara dua sujud 12. Thuma’ninah 13. Duduk untuk tasyahhud akhir 14. Membaca tasyahhud akhir 15. Membaca shalawat pada Nabi SAW saat tasyahhud akhir 16. Salam pertama 17. Niat keluar dari shalat 18. Tertib; yakni mengurutkan rukun-rukun sesuai apa yang sudah dituturkan.

Thuma’ninah menurut bahasa bermakna tenang. Secara istilah thuma’ninah ialah tenangnya anggota badan pada waktu tertentu dengan pekiraan melakukan wajib shalat sebelum berpindah ke gerakan shalat selanjutnya.

Batas Thuma’ninah yang dapat memenuhi gerakan rukun shalat adalah diamnya anggota tubuh dalam melakukan tiap-tiap gerakan rukun shalat.

Rukun sholat tersebut dibagi menjadi dua, yaitu : 1. Rukun qauli, yaitu rukun yang berupa ucapan (contoh : Takbiratul ikhram, membaca surat al-fatihah, membaca tasyahud akhir, membaca salam) dan 2. Rukun fi`li, yaitu rukun yang berupa gerakan (contoh : sujud, ruku`, I`tidal dll).

Demikian penjelasan seputar rukun sholat ada berapa macam, semoga selalu dapat istikamah melaksanakan shalat sesuai yang telah diteladankan Nabi Muhammad SAW, dan dilaksanakan tepat waktu.

Baca Buku Kitab Pengetahuan Sholat di sini.




============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : Tak Berkategori
Back To Top