Rukun Shalat Ada Berapa Dan Sebutkan


Ada Berapa Rukun Shalat Fardhu – Banyaknya rukun sholat itu ada yang mengatakan 13, 14, 17, 18 bahkan lebih dan tak ada yang menyebutkan kalau rukun sholat ada 5. Yang lima itu bukan rukun sholat tapi rukun Islam.

Lalu, apa saja rukun shalat? Rukun secara bahasa bermakna tiang atau sendi yang paling kuat dari sesuatu. Atau bisa juga diartikan rukun dari sesuatu ialah bagian mendasar dari sesuatu tersebut, seumpama tembok untuk bangunan.

Secara istilah ialah sendi atau pondasi yang mendasar dari berdirinya sesuatu, dan tak akan berdiri kecuali dengan pondasi tersebut.

Disebut dengan rukun shalat sebab sama halnya bangunan mempunyai tiang atau penguat, maka shalat juga memiliki tiang atau yang menguatkannya, yang tidak mampu berdiri kecuali dengan hal itu. Rukun shalat berarti setiap perkataan atau perbuatan yang akan membentuk hakikat shalat. Kalau salah satu rukun ini tidak ada, maka shalat pun tak bakal sah secara syar’i.

Rukun Salat ialah setiap perkataan atau tingkah laku yang akan membentuk hakikat salat. Kalau salah satu rukun ini tidak benar, maka salat pun tidak sah secara syar’i dan juga tak bisa ditambal dengan sujud sahwi.

Rukun shalat merupakan inti yang menjadi hakikat shalat itu sendiri. Pada waktu seseorang tidak mengerjakan salah satu rukun, maka shalat yang dikerjakan tidak sah.

Secara singkat bisa kita maknai bahwa rukun shalat adalah bagian penyusun dari shalat itu. Ada berbagai jenis pendapat tentang berapa rukun shalat.

Namun demikian, ketidaksaman versi itu taklah bersifat substansial, tetapi cuma persoalan teknis belaka, seumpama mislanya ada ahli fiqih yang menyebutkan rukun thuma’ninah (tak bergerak sejenak) cuma sekali saja meskipun posisinya di berbagai tempat, dan ada yang menyatakannya secara terpisah-pisah.

Pula ada di antaranya yang menyatakan bahwa niat keluar dari shalat adalah rukun, namun ada juga yang menyebutkan bahwa hal itu secara otomatis termaksudkan dalam rukun salam pertama. Di antara yang secara sangat terperinci menyatakan rukun-rukun shalat ialah penjelasan Imam Abu Suja’ dalam Matan al-Ghâyah wa Taqrîb (Surabaya: Al-Hidayah, 2000), halaman: 9:

Pasal, rukun-rukun shalat ada 18, yakni: 1. Niat 2. Berdiri bagi yang mampu 3. Takbiratul ihrâm, 4. Membaca surat al-Fatihah; dimana Bismillâhirrahmânirrahîm merupakan bagian ayatnya 5. Ruku’,  6. Thuma’ninah 7. Bangun dari ruku’ dan I’tidal 8. Thuma’ninah, 9. Sujud 10. Thuma’ninah 11. Duduk diantara dua sujud 12. Thuma’ninah 13. Duduk untuk tasyahhud akhir 14. Membaca tasyahhud akhir 15. Membaca shalawat pada Nabi SAW saat tasyahhud akhir 16. Salam pertama 17. Niat keluar dari shalat 18. Tertib; yakni mengurutkan rukun-rukun sesuai apa yang telah dituturkan.

Thuma’ninah menurut bahasa bermakna tenang. Secara istilah thuma’ninah ialah tenangnya anggota badan pada waktu tertentu dengan pekiraan melakukan wajib shalat sebelum berpindah ke gerakan shalat selanjutnya.

Batas Thuma’ninah yang bisa memenuhi gerakan rukun shalat ialah diamnya anggota tubuh dalam melakukan tiap-tiap gerakan rukun shalat.

Rukun sholat itu dibagi menjadi dua, yaitu : 1. Rukun qauli, yaitu rukun yang berupa ucapan (contoh : Takbiratul ikhram, membaca surat al-fatihah, membaca tasyahud akhir, membaca salam) dan 2. Rukun fi`li, yaitu rukun yang berupa gerakan (contoh : sujud, ruku`, I`tidal dll).

Itulah penjelasan seputar rukun shalat ada berapa sebutkan secara urut, semoga senantiasa bisa istikamah mengerjakan shalat sesuai yang sudah diteladankan Nabi Muhammad SAW, dan dilaksanakan tepat waktu.

Baca Buku Kitab Pengetahuan Sholat di sini.




============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : Tak Berkategori
Back To Top