Doa dan Dzikir Sesudah Sholat Fardhu Lengkap


Sholat fardhu merupakan kewajiban utama bagi setiap Muslim yang harus dilaksanakan lima kali dalam sehari. Setelah melaksanakan sholat fardhu, sangat dianjurkan untuk membaca doa dan dzikir sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan untuk memperkuat hubungan spiritual dengan-Nya. 

Berikut ini adalah panduan lengkap mengenai doa dan dzikir yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat fardhu.


Dzikir Sesudah Sholat Fardhu

Setelah menyelesaikan sholat fardhu, disunnahkan untuk duduk sejenak dan melafalkan dzikir. Berikut adalah dzikir yang biasa dibaca:

Istighfar (Memohon Ampunan)

Astaghfirullah (dibaca 3 kali)

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah."

Dzikir Tauhid, Tasbih, Tahmid, dan Takbir

Subhanallah (33 kali)

Artinya: "Maha Suci Allah."

Alhamdulillah (33 kali)

Artinya: "Segala puji bagi Allah."

Allahu Akbar (33 kali)

Artinya: "Allah Maha Besar."

Dzikir Penutup

La ilaha illallahu wahdahu la syarikalahu, lahul mulku walahul hamdu, wa huwa 'ala kulli syai'in qadir (1 kali)

Artinya: "Tidak ada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan segala puji, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu."


Doa Setelah Sholat Fardhu

Setelah selesai berdzikir, dianjurkan untuk berdoa. Berikut adalah beberapa doa yang bisa dibaca setelah sholat fardhu:

Doa Ketenangan Hati

Allahumma antas salam wa minkas salam tabarakta ya dzal jalali wal ikram

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah yang Maha Sejahtera, dari-Mu segala kesejahteraan, maha berkah Engkau, wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

Doa Perlindungan dan Petunjuk

Allahumma a'inni 'ala dzikrika wa syukrika wa husni 'ibadatik

Artinya: "Ya Allah, bantulah aku untuk selalu mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah kepada-Mu dengan baik."

Doa Memohon Kebaikan di Dunia dan Akhirat

Rabbana atina fid-dunya hasanah wa fil-akhirati hasanah wa qina 'adzaban nar

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta lindungilah kami dari siksa neraka."

Doa Memohon Ampunan dan Rahmat

Allahumma inni zalamtu nafsi zulman kathiran wa la yaghfirud-dzunuba illa anta faghfirli maghfiratan min 'indika warhamni innaka antal ghafurur rahim

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dengan kezaliman yang banyak, dan tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau, maka ampunilah aku dengan ampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."


Panduan Praktis Melaksanakan Dzikir dan Doa

  • Konsistensi dan Kehusukan: Melaksanakan dzikir dan doa dengan konsisten setiap selesai sholat fardhu akan membantu meningkatkan kekhusyukan dalam ibadah.
  • Fokus dan Renungan: Lakukan dzikir dan doa dengan penuh perhatian dan renungan. Rasakan setiap kata yang diucapkan dan hayati maknanya.
  • Penggunaan Tasbih: Menggunakan tasbih dapat membantu dalam menghitung jumlah dzikir yang dilafalkan, meskipun dzikir juga bisa dilakukan dengan jari.


Kesimpulan

Membaca doa dan dzikir setelah sholat fardhu adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dzikir dan doa ini tidak hanya sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, tetapi juga sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada-Nya, memohon ampunan, dan meminta kebaikan dalam kehidupan dunia dan akhirat. 

Semoga dengan rutin melaksanakan dzikir dan doa setelah sholat fardhu, kita semua mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Amin.



Tag : sholat fardhu
Back To Top