Cara Menjamak Shalat Maghrib dengan Sholat Isya


Bagaimanakah cara menjamak shalat Maghrib dengan sholat Isya ? Shalat jamak yaitu menggabungkan dua shalat fardhu dalam satu waktu. Dalam hal ini, yaitu menggabungkan shalat Maghrib dan shalat Isya dalam satu waktu, yaitu melaksanakan kedua shalat tersebut pada waktu Maghrib atau waktu Isya.

Sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu syarat-syarat diperbolehkannya seseorang menjamak shalat Maghrib dan Isya, sebelum masuk ke tata cara menjamak shalat Maghrib dan Isya.

Syarat diperbolehkannya menjamak shalat Magrib dan Isya’
  1. Anda melakukan perjalanan jauh dengan jarak sekurang-kurangnya dua hari perjalanan atau sejauh 138 kilometer.
  2. Melakukan bepergian tersebut bukan untuk maksiat.
  3. Tidak boleh makmum kepada orang yang bukan musafir
Shalat jamak memiliki dua jenis, yaitu shalat jamak taqdim dan shalat jamak takhir. Berikut penjabarannya mengenai kedua jenis shalat jamak tersebut.

Shalat Maghrib dan Isya Jamak Taqdim

Shalat jamak taqdim yaitu mengumpulkan dua shalat fardhu dengan cara memajukan shalat fardhu yang belum masuk waktunya pada shalat fardhu yang sudah masuk waktunya. Jadi dalam hal ini anda akan menjamak taqdim shalat Maghrib dan Isya, maka dilakukan pada waktu Maghrib.

Berikut ini Saya jelaskan bagaimana tata cara shalat jamak Maghrib jamak takdim dengan shalat Isya.
  1. Melaksanakan shalat Maghrib tiga rakaat terlebih dahulu dengan niat. “Ushallii fardlol maghribi tsalaatsa raka’aatim majmuu’am ma’al ‘isyaa-i jam’at taqdiiman adaa-al lillaahi ta’aalaa.” atau berniat dengan Bahasa Indonesia, yaitu “Aku sengaja shalat fardu maghrib tiga rakaat yang dijama’ dengan isya, dengan jama taqdim, fardu karena Allah Ta’aala”
  2. Setelah melaksanakan shalat Maghrib langsung melaksanakan shalat Isya empat rakaat. Tidak boleh disela dengan shalat sunah atau perbuatan lainnya.

Shalat Maghrib dan Isya Jamak Takhir

Shalat jamak takhir yaitu mengumpulkan dua shalat fardhu dengan cara mengundurkan shalat fardhu yang sudah masuk waktunya pada shalat fardhu di waktu berikutnya. Jadi dalam hal ini anda akan menjamak takhir shalat Maghrib dan Isya, maka dilakukan pada waktu Isya.

Ada dua metode yang dapat Anda kerjakan untuk melakukan shalat Maghrib dan shalat Isya jama takhir, yakani dengan melakukan shalat Maghrib terlebih dahulu atau melakukan shalat Isya terlebih dahulu. Yang penting niat shalat jamaknya dilakukan pada shalat yang pertama.

Berikut ini tata cara niat sholat jamak Maghrib dan Isya jamak takhir dengan melaksanakan shalat Maghrib terlebih dahulu.
  • Melaksanakan shalat Maghrib tiga rakaat terlebih dahulu pada waktu Isya dengan niat “Ushalii fardlol maghribi tsalaatsa raka’aatin majmuu’an ma’al ‘isyaa-i jam’a ta-khiirinin adaa-an lillaahi ta’aalaa.” atau berniat dalam Bahasa Indonesia, yaitu “Aku sengaja shalat fardu maghrib tiga rakaat yang dijama’ dengan isya, dengan jama takhir, fardu karena Allah Ta’aala”
  • Setelah melaksanakan shalat Maghrib langsung melaksanakan shalat Isya empat rakaat. Tidak boleh disela dengan shalat sunah atau perbuatan lainnya.

Berikut ini tata cara shalat jamak Maghrib dan Isya jamak takhir dengan melaksanakan shalat Isya terlebih dahulu.
  • Melaksanakan shalat Isya empat rakaat terlebih dahulu dengan niat “Ushalii fardlol ‘isyaa-i arba’a raka’aatin majmuu’an ma’al maghribi jam’a ta-khiirinin adaa-an lillaahi ta’aalaa.” atau berniat dengan menggunakan Bahasa Indonesia, yaitu “Aku sengaja shalat fardu isya empat rakaat yang dijama’ dengan maghrib, dengan jama takhir, fardu karena Allah Ta’aala”
  • Setelah melaksanakan shalat Isya langsung melaksanakan shalat Maghrib tiga rakaat. Tidak boleh disela dengan shalat sunah atau perbuatan lainnya.

Melakukan shalat Maghrib dan Isya jamak takhir dapat dikatakan sah apabila Anda masih di dalam perjalanan saat datangya waktu shalat Isya. Jadi,Anda tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan shalat Maghrib dan Isya saat melakukan perjalanan jauh.

Cara menjamak shalat ashar dan maghrib

Ada yang bertanya, bagaimana cara menjamak shalat ashar dan maghrib ? Jawabannya adalah tidak tahu caranya. Kenapa ? Karena setahu Saya, shalat ashar dan maghrib tidak bisa digabung atau dijamak. Yang bisa hanyalah zhuhur dengan ashar atau maghrib dengan isya. Wallahu a'lam.

Untuk lebih lengkapnya informasi seputar menjamak sholat beserta syaratnya, bisa dibaca di artikel cara menjamak shalat. Baca pula :
niat sholat jamak takhir maghrib dg isya
niat sholat jamak qoshor
cara mengqodho sholat maghrib di waktu isya
jamak qasar magrib isya

Sumber :
http://carageek.com/umum/cara-menjamak-shalat-maghrib-dan-isya/955/



============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Back To Top