Tuntunan Sholat Sunnah Taubat


Bagaimanakah tuntunan sholat sunnah taubat yang benar ? Sholat sunnah taubat dikerjakan sesudah seseorang mengerjakan dosa dan kekhilafan atau melanggar hukum-hukum syari'at atau merasa dirinya bersalah dan berdosa kepada Allah SWT kemudian menyesali atas perbuatan itu dan ingin kembali ke jalan Allah.

Cara mengerjakan sholat taubat sebenarnya hampir sama dengan cara mengerjakan sholat pada umumnya hanya saja terdapat perbedaan dari segi bacaan niat sholat dan doa setelah sholat. Sholat taubat bisa dilakukan dua, empat atau enam rakaat pada setiap saat yang diinginkan, tetapi lebih afdal pada waktu tengah malam dimana suasananya lebih sunyi dan tenang.

Manfaat sholat taubat bagi mereka yang mengerjakannya adalah untuk meminta ampunan kepada Alloh atas dosa yang pernah mereka perbuat baik dosa besar maupun dosa kecil. Adapun yang termasuk ke dalam dosa besar menurut Al Qur’an antara lain syirik (menyekutukan Alloh), berbuat durhaka kepada kedua orang tua, membunuh orang, memakan Riba, memakan harta anak yatim dan berbuat zina.

Kalau ada seorang muslim yang melakukan dosa besar seperti di atas maka segeralah memohon ampun kepada Alloh Swt dan segeralah mengerjakan sholat taubat karena fungsi dari sholat taubat ialah untuk memohon ampunan dari Alloh Swt.

Fadhilat taubat:
1. Diampuni Allah SWT.
2. Dimudahkan segala urusan.
3. Ceria dalam keseharian.
4. Menghilangkan perasaan yang menekan.
5. Mencegah dosa dan menghindari gangguan.

Waktu Sholat Taubat

Waktu mengerjakan sholat taubat bisa dilakukan kapan pun baik siang ataupun malam, hanya saja jangan dilakukan pada waktu setelah sholat subuh sampai terbitnya matahari, setelah shalat Ashar sampai matahari menguning, saat menguningnya matahari sampai tenggelam dan ketika matahari berada di tengah sampai tergelincir ke barat. Intinya, waktu mengerjakannya adalah sewaktu-waktu (kapan saja) merasa berdosa baik terhadap manusia lebih-lebih terhadap Allah SWT. Maka cepat-cepatlah bertaubat kepada Allah SWT jangan sampai terlambat mengerjakan shalat taubat.

Waktu sholat taubat sebaiknya dikerjakan setelah sobat mengerjakan sholat Isya atau di tengah malam sehingga sobat bisa mengerjakan sholat taubat ini dengan khusyu.

Tuntunan Sholat Sunnah Taubat

Niat Sholat Taubat

Ushallii Sunnatat Taubati Rak’ataini Lillaahi Ta’aalaa, Allaahu Akbar
Aku Niat Sholat Sunah Taubat dua Raka’at karena Alloh Ta’ala, Alloh Maha Besar .

Setelah sobat membaca niat, maka dilanjutkan dengan membaca Surat Al Fatihah tiap raka’at. Setelah membaca suran Al Fatihah, dianjurkan membaca surat pendek misalnya Surat Al Kafirun di raka’at pertama

Selanjutnya melakuka ruku, itidal, sujud dan kembali berdiri untuk melakukan raka’at kedua atau raka’at terakhir. Di dalam rakaat ke dua ini sobat disunatkan membaca Surat Al Ikhlas setelah membaca Surat Al Fatihah.

Saat sujud terakhir pada rakaat kedua (sebelum duduk tahiyyat akhir) yaitu setelah membaca tasbih biasa, bacalah tasbih berikut 40 kali.

"Laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minazhzhoolimiin."
Tiada Tuhan melainkan Engkau! Maha Suci Engkau! Sesungguhnya aku ini termasuk dari golongan orang yang aniaya.


Tuntunan Sholat Sunnah Taubat


Doa Setelah Sholat Taubat Lengkap

Setelah sobat selesai mengerjakan sholat taubat, maka sobat tinggal duduk dengan khusyu dan memperbanyak membaca istighfar untuk memohon ampunan kepada Alloh. Diusahakan membaca Istighfar ini sebanyak-banyaknya minimal 100 kali dan ditambahkan dengan membaca sholawat kepada Nabi.

“Astaghfirullaahil ‘Azhiim, alladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuumu wa atuubu ilaih.”
Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Hidup Lagi Maha Mengurus dan aku bertaubat kepada-Nya.
.
Lalu disambung membaca istighfar tauhid berikut sebanyak 10 atau100 kali.

“Astaghfirullaahil ‘Azhiim, alladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuumu wa atuubu ilaih. Taubata ‘Ab-di zhoolimi laa yamliku linafsihi dhorraa, wa-laa naf‘an walaa mautan wa-aa hayaatan wa-aa nusyuuraa.”
Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Hidup Lagi Maha Mengurus dan aku bertaubat kepada-Nya selaku taubatnya seorang hamba yang banyak dosa yang tiada menguasai akan dirinya dan tidak mampu berbuat, menolak mudharat dan manfaat serta tidak dapat menguasai kematian, hidup dan kebangkitan.
.
Kemudian bacalah Sayyidul istighfar sebanyak 3 kali.

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ 

"Alloohumma angta robbii laa ilaaha illaa angta, kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta" 

Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan berusaha selalu ta’at kepada-Mu, sekuat tenagaku Yaa Allah. Aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan yg kuperbuat. Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku, dan kuakui pula keburukan-keburukan dan dosa-dosaku. Maka ampunilah aku ya Allah. Sesungguhnya tidak akan ada yang bisa mengampuni dosa melainkan Engkau.”

Lalu membaca doa di bawah :

ALLAAHUMMAGHFIR LII DZUNUUBII KULLAHU MAA QODDAMTU WA MAA ANTA A’LAMU BIHI MINNII. ANTAAL MUQODDIMU WA ANTAL MU’ AKHKHIRU LAA ILAAHA ILLAA ANTA. ALLAAHUMMA INII DHOLAMTU NAFSII DHULMAN KATSIIRON WA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLAA ANTA. FAGHFIR LII MAGGFIROTAN MIN ‘INDIKA WARHAMMI INNA ANTAL GHOFUURUR ROHIIMU. 

“Saya mohon ampun pada Allah Yang Maha Agung. Dzat yang tidak ada Tuhan kecuali Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri sendiri dan saya bertaubat kepada-Nya (Dibaca 70 X). Ya Allah, ampunilah semua dosaku yang telah aku lakukan dan yang mungkin nanti aku lakukan, yang saya tutupi, yang saya nampakkan dan yang Engkau lebih mengetahui dari aku. Engkaulah Dzat Yang Maha Dahulu dan Engkaulah Yang Maha Akhir. Tidak ada Tuhan kecuali Engkau Ya Allah, sesungguhnya aku telah menzholimu diriku sendiri dengan penganiayaan (dosa) yang banyak dan tidak ada yang (sanggup) mengampuni, kecuali Engkau. Maka ampunilah aku dengan pengampunan dari sisi-Mu dan belas kasihanilah aku sesungguhnya Engkau adalah Dzat Yang Maha Pengampunan lagi Maha Penyayang”.

Sobat juga bisa bertaubat kepada Alloh dengan membaca doa menurut bahasa yang kita ngerti karena Alloh pasti mengetahui dan mendengar bacaan doa taubat kita.

Judul artikel yang banyak dicari :
- Shalat taubat nasuha zina
- Doa setelah sholat taubat
- Waktu sholat taubat
- Doa taubat zina
- Sholat taubat Yusuf Mansur
- Mandi taubat
- Cara taubat nasuha pelaku zina



============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : tuntunan sholat taubat
Back To Top