Waktu Sholat Dhuha


Waktu sholat dhuha yang disarankan dan baik adalah pada akhir waktu dhuha, yaitu ketika matahari mulai hampir panas yakni pada saat mendekati tengah hari. Umat ​​muslim sering bertanya tentang waktu sholat dhuha terbaik di Indonesia.

Waktu dhuha ini adalah waktu ketika matahari mulai naik, kira-kira 7 hasta dari matahari terbit (sekitar jam tujuh pagi) sampai waktu dzuhur (sekitar jam 12 siang).

Dalam Fiqih Imam Syafi'i disebutkan bahwa waktu terbaik untuk shalat sunnah dhuha itu bisa dengan melihat tanda-tanda alam yaitu ketika gurun terasa panas dan juga anak unta mulai berdiri pergi untuk menghindari panasnya matahari.

Dalam Nuzhatul Muttaqin oleh Syekh Musthafa Al Bugha dan empat cendekiawan lainnya menjelaskan bahwa waktu untuk sholat dhuha dimulai dari matahari terbit sampai matahari mendekati posisi tengah. Tetapi, Waktu Sholat Dhuha yang paling utama adalah ketika matahari terbit dan sudah panas.

Karena tidak ada jam di masa lalu, patokannya adalah dengan melihat tanda-tanda alami, misalnya melihat ke arah matahari, panasnya pasir atau bayangan dari matahari.

Karena sekarang ada jam, maka Anda bisa berpedoman pada jam untuk melihat kapan waktu sholat dhuha terbaik. Jadi Anda akan lebih mengerti kapan waktu yang tepat untuk melakukan sholat sunnah ini.

Waktu sholat dhuha paling bagus itu pukul 9 pagi WIB. Adapun waktu di tempat selain WIB, itu bisa menyesuaikan. Anda dapat tetap berpegang pada waktu sholat yang ada atau dapat mengambil referensi dari jadwal sholat online.

Waktu Sholat Dhuha


Sementara itu Ustadz Abdul Somad menjelaskan bahwa waktu sholat dhuha itu membentang dari 12 menit setelah matahari terbit hingga 10 menit sebelum dhuhur.

Ketika matahari terbit, maka saat itu disebut syuruq. Ketika matahari terbit, jangan sholat dulu karena makruh. Jika matahari naik sekitar satu tombak, itulah yang disebut awal waktu dhuha. Astronom mengukur, sekitar 12 menit setelah matahari terbit. Jadi jika matahari terbit pukul 6:00, waktu sholat dhuha dimulai pukul 6:12.

Waktu sholat dhuha berakhir 10 menit sebelum sholat dhuhur. Jika waktu sholat dhuhur adalah 12:02, itu berarti waktu sholat dhuha berakhir pada 11:52. Setelah itu jangan shalat sunnah lainnya karena makruh. Jadi kesimpulannya, waktu untuk sholat dhuha membentang sejak 12 menit setelah matahari terbit sampai 10 menit sebelum memasuki waktu dhuhur.

Ustadz Abdul Somad menambahkan, waktu sholat dhuha terbaik adalah ketika unta merasakan panas ketika ia meletakkan perutnya di pasir. Selain itu berdoa pada waktu itu, adalah waktu shalat mustajabah.

Allah akan mengabulkan lebih banyak permintaan karena pada saat itu tidak banyak orang yang sholat dhuha dan sibuk dengan kegiatan pekerjaan mereka. Berdoa ketika orang lain jarang berdoa, maka lebih utama.

Sumber :
https://wisatanabawi.com/waktu-sholat-dhuha-terbaik/
https://webmuslimah.com/jam-berapa-waktu-sholat-dhuha/



============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Tag : sholat dhuha, waktu sholat
Back To Top